Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Membuat Dapur Baru

Kompas.com - 24/02/2021, 13:45 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber ideal home

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur baru merupakan investasi besar, namun berharga untuk rumah manapun. Penampilan dan fungsionalitas, itu akan selalu menambah nilai properti.

Fungsi utama dapur adalah untuk memasak dan menyiapkan makanan, sehingga harus sangat fungsional.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memulai proses desain dengan melihat bagaimana kamu menggunakan ruang saat menyiapkan dan memasak makanan.

Baca juga: Dapur Tidak Memiliki Jendela? Dekorasi dengan Cara Ini

Tapi siapa bilang fungsional tidak bisa memukau? Berkat desain yang cerdas, akhir-akhir ini, dapur di rumahmu bisa menjadi ruang terbaik di rumah.

Dilansir dari Ideal Home, Rabu (24/2/2021), terdapat kiat dari para ahli untuk membantumu dalam mewujudkan dapur baru terbaik.

Agar dapurmu bisa tercipta sempurna, berikut 9 hal yang tidak boleh dilakukan saat mendesain dapur impianmu.

1. Melupakan ruang kontra

Merencanakan setiap inci ruang yang bisa digunakan adalah suatu keharusan. Kesalahan yang sangat umum dalam desain dapur adalah tidak menyertakan ruang meja yang cukup untuk digunakan.

Baca juga: Trik Mendekorasi Dapur dengan Biaya Minim

"Ingatlah untuk memasukkan cukup ruang untuk menyiapkan makanan, memajang semua peralatanmu, mencuci, dan kemungkinan ruang untuk makan dan bersosialisasi jika itu cara kamu berencana menggunakan dapur," saran Hayley Simmons, Kepala Merchandising for Magnet.

2. Tidak sesuai dengan kebutuhan di daftarmu

Rencanakan sesuai dan alokasikan ruang untuk setiap barang, mulai dari stoples bumbu hingga laci pemisah alat makan. Meskipun godaan untuk terus menambah barang di dapur bisa jadi besar, indeks awal yang jelas akan membuatmu tetap pada jalurnya.

Dengan berpegang pada rencana yang jelas, kamu juga terhindar dari godaan untuk memenuhi dapur barumu secara berlebihan.

"Kunci untuk mendapatkan penyimpanan maksimal dari dapurmu adalah memikirkan cara cerdas untuk mengintegrasikan solusi penyimpanan ke dalam kebutuhan dapur yang ada," jelas Iain McColgan dari B&Q.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com