Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2021, 10:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyuburkan tanaman tidak harus hanya dengan menggunakan pupuk. Hal-hal yang ada di dapur pun bisa Anda manfaatkan untuk menyuburkan tanaman.

Salah satunya adalah air rebusan telur. Tentu saja merebus telur kerap dilakukan, namun mulai hari ini jangan buang air rebusannya.

Dilansir dari Apartment Therapy, Rabu (24/2/2021), tanaman menyukai kalsium. Ketika ada di dalam tanah tanaman, kalsium membantu menjaga pH tetap terkendali.

Baca juga: Cangkang Telur Bisa Jadi Pupuk Tanaman, Begini Cara Menggunakannya

Sebagai informasi, pH tanah yang netral antara 6,0 dan 6,5 memberi tanaman lingkungan yang ideal untuk menyerap semua nutrisi yang mereka butuhkan.

Nah, hal apa yang secara alami mengandung kalsium? Cangkang telur.

Membiarkan kulit telur mendidih dalam air panas untuk sementara waktu adalah cara yang bagus untuk menyedot kalsium ke dalam air.

Setelah Anda merebus beberapa butir telur, air yang tersisa lebih kaya kalsium dari sebelumnya, dan bukan pilihan yang buruk untuk digunakan kembali untuk menyiram tanaman hias.

Baca juga: Sering Diabaikan, 3 Air Bekas Cucian di Dapur Bisa Menyuburkan Tanaman

Namun demikian, ada yang harus diperhatikan. Barangkali tanaman hias Anda sudah dalam kondisi baik-baik saja.

Tanah pot memiliki pH yang sudah mendekati netral, jadi jika tanaman Anda telah di pot atau di pot ulang dalam beberapa tahun terakhir, kemungkinan pH tersebut baik untuk kesehatan tanaman Anda.

Beberapa pupuk dapat menciptakan reaksi asam di dalam tanah, tetapi akan membutuhkan banyak, dan waktu yang sangat lama untuk memindahkan jarum dalam jumlah yang banyak. Jika Anda mengkhawatirkan pH tanah, Anda bisa mendapatkan penguji pH.

Jika ternyata tanahnya terlalu asam, gunakan air rebusan telur atau coba batu kapur sebagai gantinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com