Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Mencangkok Kaktus yang Bisa Dilakukan Sendiri

Kompas.com - 24/02/2021, 08:47 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaktus merupakan tanaman hias dengan perawatan rendah yang jarang memerlukan pemindah pot, tetapi ketika kamu ingin memindahkannya, penting untuk memastikannya dilakukan dengan benar dan aman.

Setelah akar mulai menyembul melalui lubang drainase di bagian bawah pot, sekarang saatnya untuk memindahkan kaktusmu ke pot yang lebih besar.

Karena pertumbuhannya lambat, kaktus biasanya hanya perlu dipindahkan setiap 3-4 tahun, atau setiap 2-3 tahun untuk varietas yang tumbuh lebih cepat.

Baca juga: Ingin Merawat Kaktus? Ini yang Harus Diperhatikan

Banyak varietas kaktus yang dihiasi duri tajam yang berfungsi sebagai pelindung tanaman. Ini juga membuat transplantasi kaktus menjadi tugas yang sulit, dan terkadang berbahaya.

Salah satu cara terbaik untuk mencangkok kaktus dengan aman adalah dengan menggunakan penjepit logam, seperti yang akan kamu temukan di dapur.

Sebaiknya kamu juga membeli sepasang sarung tangan pelindung yang tebal. Hindari sarung tangan yang terbuat dari kain daripada kanvas atau kulit tebal, karena duri kaktus dapat dengan mudah menembus sebagian besar kain.

Yang terbaik adalah memindahkan kaktus di awal hingga pertengahan musim semi ketika tanaman telah memasuki masa pertumbuhan aktifnya.

Baca juga: Mengenal Kaktus Tulang Ikan, Tanaman Hias yang Bakal Populer di 2021

Ini akan memastikan bahwa kaktus memiliki energi untuk pulih dari penanganannya dan menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Sebagian besar kaktus memiliki duri berduri yang membuatnya sakit dan sulit dikeluarkan dari kulit jika bersentuhan, jadi selalu disarankan untuk menggunakan alat pelindung saat mencangkok kaktus.

Bagi kamu yang ingin mencangkok tanaman kaktus yang kamu miliki, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan, dilansir dari The Spruce, Rabu (24/2/2021).

Peralatan dan bahan yang kamu butuhkan

- Sarung tangan pelindung
- Penjepit logam
- Koran
- Campuran tanah kaktus atau sukulen
- Wadah pot

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com