Kompas.com - 26/03/2021, 11:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kita mungkin sudah melatih kucing peliharaan agar mau membuang kotoran pada kotak kotoran yang sudah kita sediakan.

Namun sayangnya, beberapa masalah membuat kucing tidak lagi membuang kotoran di tempat semestinya.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ini. Berikut tips untuk membuat kucing peliharaan stop buang kotoran sembarangan, seperti dilansir dari The Spruce Pets, Kamis (25/3/2021).

 Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Kotak Pasir Kucing

1. Bersihkan area kucing buang air

Mulailah dengan memastikan untuk membersihkan area yang digunakan kucing untuk membuang kotoran secara menyeluruh.

Jika kamu tidak bisa membersihkan area tersebut dengan dengan bersih, kucing akan terus tertarik ke tempat tersebut.

Cuci semua barang yang bisa masuk ke mesin cuci. Jika kucing buang air besar di atas keset kamar mandi atau karpet yang tidak mahal, kamu disarankan untuk membuangnya saja. Untuk hasil terbaik, gunakan pembersih enzimatis berkualitas tinggi untuk kotoran hewan peliharaan.

2. Evaluasi kembali kotak kotorannya

Kucing ingin menggunakan kotak pasir yang sangat bersih dan cenderung lebih menyukai kotak yang lapang dan terbuka.

Baca juga: Di Mana Tempat yang Tepat untuk Meletakkan Kotak Pasir Kucing?

Coba beralih ke kotak kotoran berukuran jumbo tanpa penutup. Jika kamu hanya memiliki satu kotak kotoran, tambahkan kotak kedua di tempat yang berbeda. Pertimbangkan untuk meletakkan kotak kedua di dekat tempat kucing buang air besar secara sembarangan.

Jika kamu memiliki banyak kucing, kamu mungkin perlu menambahkan lebih banyak kotak kotoran. Aturan umum yang baik adalah bahwa harus ada kelebihan satu kotak kotoran lagi di dalam rumah daripada jumlah kucing yang kamu miliki.

Misalnya, kamu memiliki 3 kucing, artinya kamu harus memilliki 4-5 kotak kotoran kucing. Kamu juga disarankan untuk menyediakan kotak kotoran di setiap lantai rumah.

3. Pertimbangkan jenis pasir

Jika kamu menggunakan pasir yang beraroma, cobalah untuk mengganti dengan yang tidak beraroma. Manusia menyukai pasir beraroma untuk menutupi bau kotoran kucing, namun kucing mungkin tidak menyukainya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.