Kompas.com - 08/02/2021, 14:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain perawatan bulu, serta tempat tinggal, memiliki kucing peliharaan juga harus memerhatikan kotak kotoran atau pasirnya.

Biasanya, untuk pertama kali, kucing harus dibiasakan untuk menggunakan kotak pasir untuk membuang kotorannya. Membiasakannya ini merupakan hal yang tidak mudah, karena ada beberapa kucing yang sulit untuk membiasakan diri.

Untuk itu, dilansir dari The Spruce Pets, Senin (8/2/21) penempatan kotak pasir juga dapat membuat kucing peliharaan terbiasa dan nyaman untuk membuang kotorannya di kotak tersebut.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Kotak Pasir Kucing

Lantas, di mana sebaiknya meletakkan kotak pasir ini? Simak ulasannya berikut ini.

Lokasi potensial

Tentunya, Anda tidak ingin kotak kotoran di tengah ruang keluarga atau di dapur di samping piring makanan kucing, jadi di mana Anda meletakkannya?

Lokasi pribadi: Kucing menyukai privasi, karena ketakutan utama disergap oleh musuh saat pertahanan mereka turun. Letakkan di tempat yang tidak memiliki lalu lintas tinggi, misalnya di samping toilet atau sudut yang tidak terlalu ramai.

Lokasi yang tenang: Cobalah untuk menghindari area sibuk di rumah Anda, dan jika Anda meletakkan kotak kotoran di ruang utilitas binatu atau tempat cuci, letakkan cukup jauh dari peralatan, sehingga suara dari mesin cuci dan pengering tidak membuat kucing stres.

Jauh dari makanan: Selain alasan kesehatan, hargai sifat kucing Anda yang rewel dengan memisahkan kotak pasir dari piring makanannya.

Baca juga: Simak, Ini Perawatan Kucing Bulu Pendek, Sedang, dan Panjang

Jangan menyuruh mereka menaiki tangga: Meskipun sebagian besar kucing akan dengan bebas berkeliaran naik dan turun tangga.

Jika Anda memiliki anak kucing yang masih kecil atau kucing yang sangat tua, memaksa mereka naik tangga (naik atau turun) untuk menggunakan kotak kotoran dapat menyebabkan mereka akan menghindari kotak pasir tersebut.

Terutama hindari ruang bawah tanah yang lembab dan gelap, yang mungkin terkena jamur dan bakteri.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.