Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Mana Tempat yang Tepat untuk Meletakkan Kotak Pasir Kucing?

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain perawatan bulu, serta tempat tinggal, memiliki kucing peliharaan juga harus memerhatikan kotak kotoran atau pasirnya.

Biasanya, untuk pertama kali, kucing harus dibiasakan untuk menggunakan kotak pasir untuk membuang kotorannya. Membiasakannya ini merupakan hal yang tidak mudah, karena ada beberapa kucing yang sulit untuk membiasakan diri.

Untuk itu, dilansir dari The Spruce Pets, Senin (8/2/21) penempatan kotak pasir juga dapat membuat kucing peliharaan terbiasa dan nyaman untuk membuang kotorannya di kotak tersebut.

Lantas, di mana sebaiknya meletakkan kotak pasir ini? Simak ulasannya berikut ini.

Lokasi potensial

Tentunya, Anda tidak ingin kotak kotoran di tengah ruang keluarga atau di dapur di samping piring makanan kucing, jadi di mana Anda meletakkannya?

Lokasi pribadi: Kucing menyukai privasi, karena ketakutan utama disergap oleh musuh saat pertahanan mereka turun. Letakkan di tempat yang tidak memiliki lalu lintas tinggi, misalnya di samping toilet atau sudut yang tidak terlalu ramai.

Lokasi yang tenang: Cobalah untuk menghindari area sibuk di rumah Anda, dan jika Anda meletakkan kotak kotoran di ruang utilitas binatu atau tempat cuci, letakkan cukup jauh dari peralatan, sehingga suara dari mesin cuci dan pengering tidak membuat kucing stres.

Jauh dari makanan: Selain alasan kesehatan, hargai sifat kucing Anda yang rewel dengan memisahkan kotak pasir dari piring makanannya.

Jangan menyuruh mereka menaiki tangga: Meskipun sebagian besar kucing akan dengan bebas berkeliaran naik dan turun tangga.

Jika Anda memiliki anak kucing yang masih kecil atau kucing yang sangat tua, memaksa mereka naik tangga (naik atau turun) untuk menggunakan kotak kotoran dapat menyebabkan mereka akan menghindari kotak pasir tersebut.

Terutama hindari ruang bawah tanah yang lembab dan gelap, yang mungkin terkena jamur dan bakteri.


Anda mungkin memerlukan kotak pasir di semua tingkat rumah jika Anda memiliki beberapa kucing, tetapi sebaliknya, jika Anda hanya memiliki satu kotak, jangan letakkan satu-satunya kotak di lokasi yang mengharuskan sering naik turun tangga.

Biarkan pintu tetap terbuka: Bahkan jika Anda telah menemukan tempat yang tepat untuk kotak kotoran Anda, upaya tersebut akan sia-sia jika Anda lupa dan menutup pintunya. Pastikan kucing Anda selalu bisa menjangkau kotak pasirnya.

Pertimbangkan furnitur kotak pasir: Ada banyak perusahaan online yang menyediakan furnitur menarik yang dirancang untuk menyembunyikan kotak pasir dari potongan kayu yang sangat menarik hingga lemari bambu yang lebih sederhana.

Jika Anda benar-benar kekurangan ruang, salah satu dari ini mungkin menjadi alternatif yang layak untuk kotak pasir di kamar mandi.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/08/142300076/di-mana-tempat-yang-tepat-untuk-meletakkan-kotak-pasir-kucing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke