Kompas.com - 04/02/2021, 17:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sangat penting untuk memastikan kucing peliharaan dirawat dengan baik dan bersih, sehingga mereka bisa tumbuh dengan sehat.

Namun, yang harus diperhatikan adalah mengetahui dengan jelas jenis kucing yang dirawat, karena perawatan kucing berbeda-beda sesuai dengan jenisnya, misalnya kucing berbulu panjang dan pendek.

Dilansir dari Pet Helpful, Kamis (4/2/2021), untuk merawat kucing peliharaan tergantung pada panjang dan pendek bulunya.

Baca juga: Ingat, Kucing Tidak Boleh Diberikan Susu Sapi

Bulu Pendek

Untuk merawat kucing bulu pendek, Anda hanya harus menyikatnya secara sederhana untuk menyingkirkan kotoran yang ada di bulu kucing.

Namun, kucing berbulu pendek biasanya mengalami kerontokan juga, sehingga Anda perlu menyedot debu di beberapa furnitur di dalam rumah seperti karpet agar tidak berkumpul di dalamnya. Untuk memberikan perawatan yang baik, gunakan sisir halus dan panjang giginya sama.

Kemudian, kucing berbulu pendek lebih bersih saat setelah membuang kotorannya karena jarang menempel di bulu mereka. Sehingga tidak memerlukan perawatan ekstra untuk hal ini.

Bulu Sedang

Berbeda dengan kucing berbulu pendek, kucing berbulu sedang ini tentunya memiliki perawatan yang agak sulit karena akan mengalami kerontokan yang lebih parah dibanding dengan kucing bulu pendek.

Baca juga: Seberapa Sering Sebaiknya Kuku Kucing Dipotong? Ini Penjelasannya

Sama halnya dengan kucing berbulu pendek, gunakan sisir halus dengan panjang gigi yang sama agar mengurangi kerontokannya.

Namun, sayangnya kucing berbulu sedang, rentan terkena kotoran yang menempel di bulu mereka, semakin sedikit bulu yang kusut semakin sedikit juga kotoran yang menempel di bulu mereka.

Beberapa pemilik bahkan akan memangkas ekor atau pantat kucingnya agar tidak mengganggu.

Bulu Panjang

Kucing berbulu panjang memiliki perawatan yang lebih ekstra, gunakan sikat pembersih untuk membersihkannya dari kotoran yang menempel.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.