Kompas.com - 26/03/2021, 10:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar rumah tetap bersih meskipun memelihara hewan peliharaan seperti kucing, pemilik harus menyediakan kotak pasir kucing untuk mereka membuang kotoran.

Dengan menggunakan kotak yang diisi pasir ini, juga dapat merendam bau yang tak sedap dari kotoran kucing.

Namun, permasalahan yang sering dialami oleh pemilik kucing adalah kucing mereka yang tidak mau menggunakan kotak pasir sebagai tempat pembuangan kotoran mereka.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Kotak Pasir Kucing

Terlebih lagi, jika akhirnya kucing membuang kotoran di halaman atau tempat-tempat lain di rumah dan membuat kotor.

Dilansir dari The Spruce Pets, Jumat (26/3/2021), sejumlah keadaan bisa menjadi penyebab mengapa kucing tidak mau menggunakan kotak kotorannya, mulai dari masalah perilaku, hingga kondisi kesehatan.

Seringkali, masalah kotak pasir disebabkan oleh perubahan dalam rutinitas kucing atau masalah dengan kotak pasirnya.

Tetapi jika kucing Anda yang dilatih di rumah tiba-tiba berhenti menggunakan kotaknya, langkah pertama Anda adalah membawa kucing Anda ke dokter hewan untuk memeriksa kondisi kesehatannya.

Baca juga: Di Mana Tempat yang Tepat untuk Meletakkan Kotak Pasir Kucing?

1. Masalah kesehatan

Terkadang jika kucing mengalami diare atau sembelit, dorongan untuk buang air mungkin tiba-tiba dan berlebihan, dan mungkin mereka tidak sampai ke kotak pasirnya tepat waktu. Namun, situasi ini hanya bersifat sementara, asalkan kucing Anda tidak memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.

2. . Masalah stres dan perilaku

Perubahan mendadak pada perilaku kucing saat buang air mungkin disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab, banyak di antaranya adalah stres.

3. Kotak pasir kucing bau

Sangat umum bagi kucing untuk tidak mau membuang kotorannya di kotak pasir yang berbau dan lebih memilih ke area lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.