Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/03/2021, 07:21 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah bercak hitam dan embun tepung mulai muncul pada tanamanmu? Jika iya, maka itu merupakan beberapa permasalahan jamur yang menyerang tanamanmu.

Jamur merupakan salah satu masalah yang bisa menyerang tanaman, sehingga orang-orang yang melakukan kegiatan berkebun dari waktu ke waktu harus siap menghadapi persoalan ini

Tentu saja, kamu dapat memilih tanaman yang tahan terhadap penyakit jamur, dan membersihkan daun yang gugur serta menyebarkan mulsa segar setiap musim semi juga akan membantu. Akan tetapi, hal ini terkadang tidak cukup.

Baca juga: Gunakan Semprotan Baking Soda untuk Atasi Jamur pada Tanaman

Namun, kamu mungkin menemukan apa yang kamu butuhkan untuk melawan penyakit persisten ini tanpa bahan kimia, yang mana berasal dari beberapa bahan dapur.

Semua resep di sini tidak beracun dan tidak akan membahayakan anak-anak, hewan peliharaan, satwa liar, atau serangga, dan harganya murah.

Lanjutkan membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang membuat resep dalam mengatasi permasalahan jamur pada tanaman, dilansir dari Garden Gate Magazine, Kamis (11/03/2021).

1. Cegah rebah kecambah dengan teh kamomil

Saat memulai pembibitan, kamu tentu tidak suka melihat tanaman mati karena terendam banyak air, ketika pucuk bibit jatuh begitu saja karena batangnya telah membusuk.

Baca juga: Cara Membuat Media Tanam Aglonema yang Steril dari Jamur dan Serangga

Teh kamomil mengandung belerang yang dapat melawan jamur penyebab rebah kecambah atau akar busuk, yakni jamur Pythium aphanidermatum.

Bahan

  • 1 kantong teh kamomil
  • 1 liter air

Cara pengaplikasian

Rendam kantong teh kamomil dalam 1 liter air biasa selama 15 hingga 20 menit. Basahi larutan teh kamomil di atas bibit dan tanaman muda, atau gunakan untuk menyiram datar dari bawah.

2. Jauhkan bercak hitam dengan tepung jagung

Obat rumahan ini dikatakan dapat meningkatkan pertumbuhan jamur baik yang bersaing dengan jamur penyebab penyakit, seperti bercak hitam. Tepung jagung memberi tanaman beberapa nutrisi tambahan juga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com