Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/03/2021, 21:45 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk kamu yang suka memasak dan memiliki taman, jangan buru-buru membuang bahan-bahan sisa dapur.

Karena beberapa diantaranya bisa bermanfaat bagi tanaman. Hal ini akan menguntungkanmu, pasalnya kamu akan mengurangi sampah, sekaligus membuat tanaman subur dengan cara yang alami.

Kamu mungkin tidak sadar telah membuang sisa dapur yang ternyata mengandung mineral dan komponen lain yang dapat membantu menyehatkan tanaman.

Baca juga: Air Rebusan Telur Bisa Menyuburkan Tanaman, Begini Caranya

Berikut adalah lima limbah dapur yang bisa menyehatkan tanaman seperti dilansir dari Times of India, Rabu (10/3/2021).

1. Kulit pisang

Kaya akan potasium, kulit pisang disebut sebagai salah satu pupuk terbaik untuk tanaman. Yang perlu kamu lakukan adalah mengubur kulitnya di samping tanaman atau memotongnya menjadi potongan-potongan kecil.

Kemudian, tambahkan air dan biarkan kulitnya selama 24 jam. Kemudian, kamu bisa menggunakan air rendamannya yang akan menyuburkan tanaman.

2. Cangkang telur

Kulit telur mengandung banyak kalsium, dan sering dikatakan sebagai solusi untuk masalah yang mengganggu taman dapur, seperti busuk pada tomat. Hancurkan cangkang dan sebarkan secara merata di sekitar tanaman.

Baca juga: Cangkang Telur Bisa Jadi Pupuk Tanaman, Begini Cara Menggunakannya

3. Ampas kopi

Dikenal dapat mengubah pH tanah, membuatnya lebih asam, ampas kopi disukai untuk pertumbuhan tanaman seperti mawar dan tomat.

Setelah digunakan untuk menyeduh, taburkan kopi ke dalam pot atau rendam dalam air, lalu tuangkan ke tanaman.

4. Teh hijau

Kamu bisa menggunakan kantong teh hijau bekas untuk membuat larutan. Satu kantong teh bisa digunakan untuk dua liter air. Gunakan ini secara teratur untuk menyiram tanaman.

5. Kulit bawang putih dan bawang merah

Dengan banyaknya bawang merah dan kulit bawang putih yang dihasilkan di dapur kita setiap hari, kamu bisa menggunakannya sebagai pupuk tanaman dapat membantu mengurangi limbah dapur kita juga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com