Kompas.com - 09/03/2021, 08:34 WIB
Desain ruang kerja untuk WFH di RDT House karya Fiano www.arsitag.comDesain ruang kerja untuk WFH di RDT House karya Fiano

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak awal pandemi Covid-19 hingga saat ini, tidak sedikit orang masih menjalani kegiatan Work From Home (WFH) alias bekerja dari rumah sampai waktu yang tak bisa dipastikan.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang telah menyajikan ruang kerja di rumahnya masing-masing agar kegiatan bekerja tetap berjalan efektif tanpa terganggu.

Dan salah satu tren yang berkembang dari adanya WFH adalah kemunculan cloffice alias singkatan dari closet-office (lemari kantor) sebuah istilah yang digunakan sebagai ruangan multifungsi.

Baca juga: Menurut Ahli, Jangan Pilih Warna Abu-abu untuk Ruang Kerja di Rumah

Jika kamu belum pernah mendengar tentang cloffice sebelumnya, maka penting bagimu untuk mengetahui hal satu ini, agar bisa menjadi inspirasi apabila kamu masih harus bekerja dari rumah.

Dilansir dari Ideal Home, Selasa (9/3/2021), seperti yang disebutkan sebelumnya, cloffice adalah singkatan dari closet (lemari) dan office (kantor) pada dasarnya adalah lemari yang telah diubah menjadi ruang kerja atau meja di lemari.

Saat ini, cloffice menjadi solusi cerdas jika kamu bekerja dari rumah dan kesulitan menemukan ruang meja akibat keterbatasan tempat atau ruang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cloffice juga merupakan cara brilian untuk menggunakan lemari yang jarang digunakan. Dan bagian terbaiknya adalah, pada akhirnya, peralatan kantor dan barang-barang yang berantakan disembunyikan di balik pintu yang tertutup.

Baca juga: Masih WFH? Buat Ruang Kerja Nyaman dengan Cara Ini

Sebuah cloffice tidak membutuhkan banyak ruang, sederhananya, lemari yang cukup lebar untuk menampung permukaan meja kerja dan beberapa ruang di atasnya untuk beberapa rak.

Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa hal penting dalam menyajikan cloffice yang bisa kamu kamu lakukan.

Sembunyikan meja kerja di lemari

Mulailah dengan meja kerja terlebih dahulu dan yang lainnya harus ditempatkan di sekitarnya. Kamu dapat menggunakan rak sebagai desktop, asalkan diletakkan pada ketinggian yang tepat untuk bekerja pada tinggi meja rata-rata antara 70-76 cm.

Atau kamu bisa mempertimbangkan untuk menempatkan meja kecil di dalam lemarimu yang tak terpakai.

Halaman:


Sumber ideal home
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.