Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Cloffice, Tren Ruang Kerja Minimalis Menggunakan Lemari

Kompas.com - 09/03/2021, 08:34 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber ideal home

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak awal pandemi Covid-19 hingga saat ini, tidak sedikit orang masih menjalani kegiatan Work From Home (WFH) alias bekerja dari rumah sampai waktu yang tak bisa dipastikan.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang telah menyajikan ruang kerja di rumahnya masing-masing agar kegiatan bekerja tetap berjalan efektif tanpa terganggu.

Dan salah satu tren yang berkembang dari adanya WFH adalah kemunculan cloffice alias singkatan dari closet-office (lemari kantor) sebuah istilah yang digunakan sebagai ruangan multifungsi.

Baca juga: Menurut Ahli, Jangan Pilih Warna Abu-abu untuk Ruang Kerja di Rumah

Jika kamu belum pernah mendengar tentang cloffice sebelumnya, maka penting bagimu untuk mengetahui hal satu ini, agar bisa menjadi inspirasi apabila kamu masih harus bekerja dari rumah.

Dilansir dari Ideal Home, Selasa (9/3/2021), seperti yang disebutkan sebelumnya, cloffice adalah singkatan dari closet (lemari) dan office (kantor) pada dasarnya adalah lemari yang telah diubah menjadi ruang kerja atau meja di lemari.

Saat ini, cloffice menjadi solusi cerdas jika kamu bekerja dari rumah dan kesulitan menemukan ruang meja akibat keterbatasan tempat atau ruang.

Cloffice juga merupakan cara brilian untuk menggunakan lemari yang jarang digunakan. Dan bagian terbaiknya adalah, pada akhirnya, peralatan kantor dan barang-barang yang berantakan disembunyikan di balik pintu yang tertutup.

Baca juga: Masih WFH? Buat Ruang Kerja Nyaman dengan Cara Ini

Sebuah cloffice tidak membutuhkan banyak ruang, sederhananya, lemari yang cukup lebar untuk menampung permukaan meja kerja dan beberapa ruang di atasnya untuk beberapa rak.

Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa hal penting dalam menyajikan cloffice yang bisa kamu kamu lakukan.

Sembunyikan meja kerja di lemari

Mulailah dengan meja kerja terlebih dahulu dan yang lainnya harus ditempatkan di sekitarnya. Kamu dapat menggunakan rak sebagai desktop, asalkan diletakkan pada ketinggian yang tepat untuk bekerja pada tinggi meja rata-rata antara 70-76 cm.

Atau kamu bisa mempertimbangkan untuk menempatkan meja kecil di dalam lemarimu yang tak terpakai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com