Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Membuat Ruang Kerja di Rumah Semakin Nyaman

Kompas.com - 09/12/2020, 15:57 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat melakukan kegiatan lebih banyak di dalam rumah, termasuk bekerja di rumah.

Setiap harinya masyarakat dituntut untuk bekerja dari pagi hingga sore, sehingga kenyamanan tempat kerja harus diutamakan di dalam rumah.

Ternyata untuk mendapatkan kenyamanan tersebut, peletakan meja, serta dekorasi ruangan menjadi beberapa faktornya. Hal ini diungkapkan oleh desainer interior Kezia Karin dalam live Webinar yang diadakan pada Selasa, (9/12/20/2020) lalu.

 

Baca juga: Masih WFH? Ini Cara Bikin Ruang Kerja yang Nyaman di Rumah

"Pencahayaan juga dapat memengaruhi mood dalam ruang kerja," ungkapnya. Selain itu, untuk mendapatkan kenyamanan, Anda harus memerhatikan beberapa faktor berikut ini.

Organizer

Meskipun terlihat kecil, namun menempatkan alat-alat tulis atau barang yang diperlukan saat bekerja dalam keadaan rapi dapat membuat mood bekerja semakin meningkat.

Sebab itu, gunakaan rak sementara untuk meletakkan berbagai dokumen, serta kumpulkan peralatan bekerja dalam satu tempat sehingga terlihat lebih rapi.

Pencahayaan

Seperti yang dikatakan oleh Kezia, pencahayaan dapat memberikan suasana yang berbeda dalam suatu ruangan. Jadi, letakkan meja kerja atau berikan pencahayaan yang cukup di ruang kerja, pencahayaan yang redup akan membuat meningkatnya rasa malas.

 

Baca juga: Cara Menghias Ruang Kerja Sesuai dengan Profesi

Jika memang ruangan kerja tidak memiliki pencahayaan yang cukup, gunakan lampu meja atau lampu tempel untuk membantu pencahayaan.

Perhatikan Kursi dan Meja Kerja

Jangan pernah meremehkan hal ini, karena kursi dan meja kerja yang memadai akan membuat suasana kerja semakin nyaman.

Pilih kursi dan meja yang memang diperuntukan untuk kerja, jangan bekerja di spot yang akan menganggu pekerjaan. Misalnya sering bekerja di dapur, atau di kursi ruang tamu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com