Kompas.com - 07/03/2021, 15:15 WIB
Ilustrasi lalat buah shutterstockIlustrasi lalat buah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat buah seperti pisang yang sudah terlalu lama diletakkan di keranjang buah atau di atas meja makan dikelilingi serangga kecil terbang? Ya, itulah lalat buah.

Setelah mempertanyakan dari mana datangnya gerombolan lalat buah ini, fokus Anda akan beralih ke cara untuk menyingkirkannya dengan cepat.

Namun, kesulitan dalam membasmi lalat buah adalah mereka suka duduk di atas makanan dan berkeliaran dengan bebas di sekitar dapur. Artinya, Anda tak bisa membasmi lalat buah dengan menyemprotkan produk pengusir serangga.

Baca juga: Banyak Lalat Buah di Dapur dan Ruang Makan? Ini Cara Membasminya

Oleh sebab itu, membasmi lalat buah yang ada di rumah perlu dilakukan secara alami. Bagaimana caranya?

Dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (7/3/2021), berikut beberapa cara alami membasmi lalat buah dari rumah Anda.

1. Pancing lalat buah ke dalam perangkap menggunakan cuka apel

Untuk menangkap dan membunuh lalat buah, buatlah 'perangkap' dengan menempatkan cuka apel dalam mangkuk atau cangkir dan menambahkan sedikit sabun cuci piring. Ini akan menarik lalat buah ke cairan dan secara efektif menenggelamkan mereka.

2. Gunakan toples untuk membuat penangkap lalat buah

Campurkan cuka balsamik dengan perbandingan yang sama dan air hangat dalam toples kaca dan tambahkan setetes cairan pencuci piring. Tempatkan di tempat yang hangat untuk menangkap lalat buah.

Baca juga: 7 Tanaman yang Bisa Mengusir Lalat di Rumah

Setelah semua lalat buah terkumpul, tutup saja tutupnya dan buang isinya. Anda kemudian dapat mencuci toples dan mengulanginya jika Anda mencurigai ada lalat yang menghindari penangkapan.

3. Gunakan botol cuka yang hampir kosong dengan corong kertas

Anda bisa memanfaatkan botol cuka atau botol anggur maupun bir yang hampir kosong untuk membasmi lalat buah. Anggur dan bir pada dasarnya terbuat dari buah yang difermentasi yang mengeluarkan aroma yang tidak bisa ditahan lalat buah.

Yang Anda butuhkan hanyalah sekitar satu sentimeter minuman fermentasi tersebut di dasar botol dan Anda siap melakukannya.

Cukup buat corong menggunakan selembar kertas, tempelkan ke leher botol dan tunggu sampai lalat buah berkerumun. Setelah lalat buah berada di dalam, corong kertas akan mencegah lalat buah kabur.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X