Kompas.com - 07/03/2021, 13:57 WIB
Ilustrasi tanaman hias fiddle leaf fig atau ara biola di dalam rumah. SHUTTERSTOCK/ARTFULLY PHOTOGRAPHERIlustrasi tanaman hias fiddle leaf fig atau ara biola di dalam rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ara biola atau fiddle leaf fig (Ficus lyrata) adalah salah satu tanaman hias yang kembali memperoleh popularitas beberapa waktu belakangan. Tanaman dengan daun unik ini bisa menjadi elemen dekorasi rumah yang indah.

Namun, tanaman hias ini juga dikenal memiliki perawatan yang menantang. Beberapa masalah yang kerap muncul antara lain tepi daun yang kecokelatan, busuk akar, dan daun yang gugur.

Dilansir dari Apartment Therapy, Minggu (7/3/2021), beberapa pemilik tanaman ara biola kerap memindahkan pohon-pohon ini di sekitar rumah, mengejar cahaya matahari yang sempurna, atau berinvestasi dalam alat pelembab udara (humidifier) dan pengukur kelembaban.

Baca juga: Simak, Cara Merawat Tanaman Hias Ara Biola

Akan tetapi, ternyata cara terbaik merawat tanaman ara biola di dalam rumah adalah dengan menggerakkannya saja. Apa iya begitu?

Seringkali pohon ara biola di dalam rumah hanya condong ke satu arah. Hal ini dapat terjadi karena peregangan ke arah cahaya atau karena beban puncak dengan pertumbuhan yang sehat.

Oleh sebab itu, agar tanaman ara biola di dalam rumah dapat tumbuh dengan sehat dan kuat, maka ia perlu digerakkan secara rutin.

Beberapa waktu lalu pun ada tips viral di TikTok, di mana seorang pecinta ara biola menjelaskan bahwa mengguncang batang tanaman ini selama beberapa menit setiap hari sebenarnya membantunya tumbuh lebih kuat dan lebih sehat.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Berdaun Lebar yang Cocok Diletakkan di Dalam Rumah

Mungkin kelihatannya konyol, namun cara ini tidak salah. Ara biola berasal dari hutan dataran rendah Afrika bagian barat, tempat ia berdesak-desakan oleh angin, hujan, dan satwa liar.

Peristiwa ini memperkuat batang pohon sejak usia muda, yang memungkinkan tanaman menjadi lebih kuat secara alami dari waktu ke waktu. Gerakan ini berkontribusi pada kesehatan pohon secara keseluruhan, yang membantu memperpanjang umurnya.

Umumnya, saat Anda membeli tanaman ara biola dari pembibitan, penjual tidak akan meminta Anda untuk menggoyangkan pohon Anda untuk membuatnya lebih kuat. Setelah membaca artikel ini, maka inilah saatnya untuk menambahkan sedikit gerakan dan getaran pada rutinitas perawatan tanaman ara biola.

Caranya, pegang batang daun ara biola dan goyangkan dengan lembut selama satu hingga dua menit sehari. Ini meniru gerakan angin.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X