Kompas.com - 07/03/2021, 14:36 WIB
Ilustrasi rumput gandum yang disukai kucing. PIXABAY/PEGGY_MARCOIlustrasi rumput gandum yang disukai kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing memang hewan karnivora alias pemakan daging. Akan tetapi, ada kalanya kucing juga memakan rerumputan, termasuk rumput gandum atau wheatgrass.

Memakan rumput gandum pun ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan kucing, tentu saja salah satunya adalah sistem pencernaannya. Anda bisa membeli rumput gandum kucing di toko hewan peliharaan.

Nah, apa saja sebenarnya manfaat kesehatan bila kucing makan rumput gandum? Dilansir dari The Nest, Minggu (7/3/2021), berikut penjelasannya.

Baca juga: Penyebab Kucing Makan Rumput, Sakit Perut hingga Kurang Vitamin

1. Bagus untuk kesehatan pencernaan kucing

Serat dalam rumput gandum dapat membantu menstimulasi pencernaan kucing Anda. Sebagai pencahar alami, rumput gandum membantu memecah sejumlah penyebab sembelit, yang biasanya mencakup bulu yang belum dikeluarkan kucing dalam bentuk bola rambut.

Ini juga merupakan detoksifikasi yang populer bagi kucing. Saat dimakan dan dicerna, detoksifikasi ini membantu membuang racun, langkah penting dalam menjaga kesehatan pencernaan kucing.

2. Regurgitasi

Kucing kerap kali muntah, mereka melakukannya begitu sering dan sesuka hati. Meskipun bukan sensasi yang mereka sukai, kucing tahu bahwa regurgitasi akan membersihkan perut dari materi yang tidak dapat dimakan dan membuatnya merasa jauh lebih baik.

Kucing Anda mungkin mencari rumput gandum atau rumput lain saat dia membutuhkan bantuan untuk mengeluarkan bola bulu atau telah memakan sesuatu yang tidak dapat dicerna.

Baca juga: Kenapa Kucing Muntah? Kenali 6 Penyebabnya

Rumput gandum dapat membantu membersihkan tubuh kucing dari materi yang berpotensi beracun atau tidak dapat dimakan.

3. Merangsang aliran darah

Rumput gandum mengandung klorofil dan asam folat, yang membantu produksi hemoglobin, protein yang menggerakkan oksigen melalui darahnya. Ini akan memberinya lebih banyak energi untuk mengejar burung dan kelelawar atau saat bermain.

Namun, beberapa dokter hewan percaya bahwa kucing adalah karnivora sejati dan tidak membutuhkan klorofil nabati dalam makanan mereka, menurut artikel 2011 di The New York Times.

Meski demikian, mereka setuju bahwa tidak ada yang salah dengan mengunyah rumput gandum.

Halaman:


Sumber The Nest
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X