Kompas.com - 06/03/2021, 14:36 WIB
Ilustrasi skylight di rumah. PEXELS/TOM BALABAUDIlustrasi skylight di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah desain interior yang diaplikasikan di dalam rumah, dapat menghasilkan sensasi serta nuansa yang berbeda.

Melalui dekorasi dan desainnya sendiri, Anda dapat menghadirkan sentuhan pribadi pada keseluruhan, namun selalu ada detail kecil yang menambah kesan tersendiri di dalam ruangan, seperti skylight.

Dilansir dari Decortips, Sabtu (6/3/2021), biasanya skylight memiliki kapasitas fungsional di dalam sebuah ruangan. Skylight memberikan pencahayaan alami dari luar.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Pencahayaan Penting di Dalam Rumah

 

Skylight terbuat dari kaca dengan bingkai logam yang berfungsi sebagai penahan dingin.

Ruang atas rumah biasanya menjadi tempat untuk pemasangan skylight, misalnya di kamar tidur, ruang keluarga, atau lounge.

Cahaya tersedia terus-menerus sepanjang hari, yang berarti penggunaan lampu buatan lebih sedikit. Pengaplikasian skylight di dalam rumah ini dapat menjadi solusi ruang gelap sehingga mendapatkan pencahayaan alami dari luar ruangan.

Efek estetika skylight

Bagaimana skylight berkontribusi pada rumah? Sebagai komponen struktural, mereka tidak sentral untuk estetika tetapi tetap memainkan peran penting dalam dekorasi.

Baca juga: Kesalahan Memilih dan Meletakkan Pencahayaan di Kamar Tidur

Hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa skylight bisa memiliki ukuran yang berbeda. Yang kecil dan sempit cocok untuk semua atap dan di sisi lain, yang lebih besar menciptakan celah yang cukup untuk cahaya masuk seolah-olah seluruh rumah terbuka.

Dengan menggunakan skylight ini, rumah akan mendapatkan cahaya alami dari luar ruangan, yang dibutuhkan seseorang pada setiap harinya, terutama di ruangan seperti ruang tamu tempat seseorang menghabiskan banyak waktu. Dan hal tersebut dapat meningkatkan mood atau suasana hati pemilik rumah.

Selain itu, skylight meningkatkan elemen dekoratif lain pada ruangan seperti vas, patung, furnitur, dan sebagainya.

Faktanya, skylight  bertindak sebagai lampu sorot alami dari atas dan memancarkan cahaya ke bawah, menyebabkannya menyebar ke seluruh ruangan.

Halaman:


Sumber Decortips
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X