Kompas.com - 06/03/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi lansia. PEXELS/ANDREA PIACQUADIOIlustrasi lansia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kamu tinggal nyaman bersama anak dan pasanganmu, kemungkinan besar orang tuamu atau orang tua dari pasanganmu akan tinggal bersamamu di masa depan, ketika tidak ada lagi yang menemani mereka.

Dan itulah mengapa kamu harus membuat rumahmu senyaman mungkin. Tidak hanya agar mereka mudah bergerak, tetapi untuk memastikan keamanannya juga.

Tentu saja, beberapa penyesuaian interior kecil diperlukan untuk mengakomodasi kebutuhan orang tua yang sudah lanjut usia (lansia).

Baca juga: 8 Cara Menjaga Rumah Tetap Sejuk Meski Tanpa AC

Tidak terlalu yakin harus mulai dari mana? Berikut ini beberapa ide dasar untuk menciptakan rumah yang ramah bagia lansia di setiap bagian ruang rumahmu, dilansir beberapa sumber, Sabtu (6/3/2021).

Ruang keluarga

Selalu utamakan keamanan mereka. Saat merencanakan ruang tamumu, jauhkan kekacauan dan rintangan dari pandangan.

Kamu tidak ingin orangtuamu terbentur atau tersandung sesuatu Pilihlah kondisi pencahayaan yang baik, atau jendela dari lantai ke langit-langit untuk mendapatkan sinar matahari alami yang cukup.

Untuk furnitur, pilih yang memberikan dukungan lumbar yang lebih baik seperti kursi malas atau kursi empuk untuk kenyamanan tambahan. Cobalah menghindari karpet, karena meningkatkan kemungkinan tersandung dan jatuh.

Baca juga: 8 Ide Apik untuk Merapikan Area Tangga di Rumah yang Bertingkat

Dapur

Dapur harus fungsional dan praktis agar semuanya tetap dapat diakses. Kamu direkomendasikan untuk menyertakan rak bawah sebagai bagian dari desain dapurmu untuk meminimalkan kebutuhan memanjat bangku.

Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk memasang rak tarik-turun agar mudah dijangkau atau menambahkan rak tarik untuk mengurangi ketegangan saat membungkuk untuk mencapai bagian belakang lemari.

Semua ini dapat dengan mudah dirancang oleh desainer interiormu, biarkan mereka mengetahui kebutuhanmu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X