Kompas.com - 06/03/2021, 11:21 WIB
Ilustrasi mencuci pakaian SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTIlustrasi mencuci pakaian

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun merupakan pekerjaan rumah tangga yang dilakukan secara rutin, mencuci pakaian sebaiknya dilakukan dengan cermat. Ini termasuk memisahkan pakaian kotor yang akan dicuci berdasarkan warna dan jenisnya.

Hal ini perlu dilakukan, untuk memperpanjang umur pakaian yang akan dicuci.

Dilansir dari Family Handyman, Sabtu (6/3/2021), menyortir, termasuk memisahkan pakaian yang akan dicuci berdasarkan warna akan memperpanjang masa pakai pakaian dan bahan lain yang bisa dicuci. Tidak ada salahnya meluangkan beberapa menit untuk memisahkan cucian Anda.

Baca juga: Hindari 7 Kesalahan dalam Mencuci Pakaian

Ada berbagai alasan cerdas untuk memilah cucian, di antaranya sebagai berikut.

  • Agar warna gelap atau kuat tidak luntur ke pakaian berwarna lebih terang atau putih.
  • Untuk memisahkan bahan yang dapat dicuci berdasarkan suhu mesin cuci, seperti air panas untuk pakaian putih dan air dingin untuk pakaian gelap.
  • Untuk mencegah bahan yang berbeda berinteraksi. Anda tidak ingin mencuci jaket jeans ritsleting dengan baju tidur sutra atau satin.
  • Untuk menyatukan jenis-jenis cucian, terutama barang-barang yang mungkin perlu dibersihkan, seperti kaus kaki dan pakaian olahraga.

Baca juga: Pengering Tidak Bisa Mengeringkan Pakaian? Mungkin Ini Kendalanya

Manfaat memisahkan pakaian yang akan dicuci

Menyortir cucian dapat membantu pakaian, handuk, seprai, dan bahan kain lainnya yang Anda masukkan ke dalam mesin cuci bertahan lebih lama dan mempertahankan warna dan kecerahannya.

Berikut beberapa keuntungan meluangkan waktu untuk menyortir cucian pakaian.

1. Tidak ada momen "kecelakaan"

Jika Anda pernah memiliki kaus kaki merah yang luntur dan mengubah handuk putih menjadi merah muda, Anda tahu apa yang dimaksud.

Saat Anda memisahkan cucian berdasarkan warna, Anda mengurangi risiko pakaian berwarna kuat atau gelap luntur ke pakaian yang erwarna lebih terang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X