Kompas.com - 06/03/2021, 08:45 WIB
Ilustrasi kertas bekas. PIXABAY/JERZY GORECKIIlustrasi kertas bekas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain plastik, bahan yang terbuat dari kertas juga merupakan hal yang tidak ramah bagi lingkungan, mengingat kertas terbuat dari pohon-pohon yang ditebang.

Tetapi, segala macam hal di dunia ini mungkin telah banyak mengandalkan penggunaan kertas, entah itu untuk buku, koran, majalah, dan masih banyak lagi.

Alih-alih membakar atau menjualnya, kamu bisa menggunakan segala macam bahan kertas atau koran untuk dijadikan sebagai sebagai sesuatu yang membantumu di rumah.

Baca juga: Cara Inovatif untuk Menggunakan Kembali Gelas Plastik Bekas

Dilansir beberapa sumber, Sabtu (6/3/2021), mari cari tahu beberapa kegunaan luar biasa dari koran bekas di rumah untuk pembersihan dan dekorasi.

Cara luar biasa dan cerdas untuk menggunakan kertas bekas di rumah. 

1. Membersihkan kaca

Ini adalah salah satu penggunaan koran bekas yang paling umum. Peralatan kaca dan bingkai paling baik dibersihkan dengan kertas.

Gunakan koran untuk membersihkan kaca di rumahmu. Rendam kertas dalam air dan seka kaca. Lanjuti dengan menggunakan kertas kering untuk mendapatkan kaca yang bersih dan berkilau.

Baca juga: Simak, Cara Mudah Membersihkan Kaca Jendela yang Buram

Kamu dapat membersihkan benda kaca, perkakas, bingkai, dan jendela dengan koran bekas.

2. Alas untuk permukaan lemari maupun rak

Ingin menutupi dasar lemari pakaian dan rak kabinet? Gunakan kertas bekas sebagai alas untuk melindungi rak dari noda dan kerusakan.

Tutupi rak buku, rak sepatu, lemari pakaian dan rak kabinet dapur dengan koran sebelum menata buku, sepatu, sepatu dan kotak dapur. Ini tidak akan merusak rak dan juga menjaganya tetap bersih.

3. Mempercepat pengeringan

Pergi terburu-buru dan sepatumu basah oleh air? Seka air dengan kertas. Kemampuan penyerapan kertas sudah terkenal. Jika kamu menjatuhkan kopi atau teh di meja kayumu, bersihkan saja dengan kertas bekas.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X