Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Memasukkan Makanan Sisa ke Dalam Kulkas? Simak Hal Ini

Kompas.com - 06/03/2021, 08:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas menjadi alat elektronik yang dapat diandalkan dalam menyimpan berbagai bahan makanan agar makanan lebih awet.

Namun bagaimana jika makanan sisa yang diletakkan di dalam kulkas?

Dilansir dari The Kitchn, Sabtu (6/3/2021), untuk meletakkan sisa makanan di dalam kulkas ada beberapa yang harus dipertimbangkan, yaitu keamanan makanan dari sisa makanan dan keamanan makanan dari makanan yang ada di dalam kulkas.

Baca juga: Di Mana Meletakkan Kulkas yang Tepat? Ini Panduannya

Mari kita mulai dengan keamanan sisa makanan tersebut. Menurut Deirdre Schlunegger, CEO Stop Foodborne Illness, makanan Anda memiliki waktu sekitar dua jam pada suhu kamar sebelum bakteri dapat mulai berkembang biak.

Idealnya, pada suhu 73 derajat celsius atau lebih tinggi atau untuk mengawetkan makanan sisa harus dimasukkan ke kulkas sesegera mungkin.

Jika Anda ingin menyimpan makanan sisa di dalam kulkas suhu yang aman adalah 40 ° F atau lebih rendah yang disimpan pada lapisan tidak lebih dari dua inci. Semakin kecil ukuran porsinya, semakin cepat dingin.

Keamanan Makanan Sisa dan Makanan di Dalam Kulkas

Anda juga perlu mempertimbangkan keamanan makanan lain yang sudah ada di kulkas Anda. Jika Anda memasukkan makanan yang sangat panas, misalnya sup atau selai panas ke dalam kulkas, hal itu dapat menaikkan suhu lemari es ke tingkat hangat yang berbahaya.

Baca juga: Berapa Lama Air Boleh Didinginkan di Dalam Kulkas?

Jika ingin memasukkan sup sisa ke dalam kulkas, untuk mengatasi potensi masalah, gunakan wadah kedap udara dan memastikan ada ruang di sekitar wadah sehingga udara dingin dapat bersirkulasi dengan bebas.

Kecuali Anda ingin memasukkan makanan yang sangat panas dalam jumlah besar, sebaiknya diamkan makanan panas tersebut dalam rentang waktu dua jam, sehingga suhu di dalam kulkas tidak tiba-tiba panas dan membuat makanan lainnya menjadi rusak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com