Kompas.com - 05/03/2021, 19:04 WIB
Ilustrasi hama kutu daun pada tanaman. SHUTTERSTOCK/VERA LARINAIlustrasi hama kutu daun pada tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa faktor yang menyebabkan tanaman tidak bisa tumbuh subur mulai dari paparan sinar matahari, penyiraman yang salah hingga hama yang menyerang.

Ketika kesehatan dan keindahan tanaman Anda terganggu oleh hama serangga, penting untuk mengatasinya dengan cepat sehingga tidak memberikan efek yang buruk terhadap tanaman.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (5/3/2021), terkadang serangga terkecil dapat menyebabkan kerusakan besar dan beberapa meninggalkan jejak mereka seperti jaring laba-laba.

Baca juga: Basmi Hama Ulat pada Tanaman dengan Sabun Cair dan Minyak Goreng

Tungau Laba-laba

Hama kecil yang menutupi tanaman Anda di jaring halus adalah tungau laba-laba. Anggota keluarga arakhnida, tungau laba-laba berkerabat dekat dengan laba-laba dan memiliki banyak atribut yang sama, termasuk delapan kaki dan kemampuan untuk membuat jaring.

Namun, sangat sulit untuk melihat hama ini tanpa kaca pembesar. Anda lebih mungkin melihat jaring mereka menutupi tanaman Anda sebagai tanda pertama infestasi.

Tungau laba-laba berukuran kurang dari 1 per 60 inci panjangnya. Memegang selembar kertas putih di bawah daun dan mengguncang tanaman adalah cara lain untuk mengungkapkan keberadaan mereka.

Jika Anda melihat spesifikasi kecil jatuh di atas kertas, maka itu adalah tungau laba-laba. Mereka paling aktif selama cuaca kering dan panas, meskipun ada beberapa spesies yang menyukai suhu yang lebih dingin.

Baca juga: 10 Tanda Hama Pengganggu Menyerang Rumah

Menyedot Nutrisi

Begitu Anda mulai memperhatikan adanya jaring yang menutupi tanaman Anda, yang menunjukkan bahwa tanaman terkena serangan tungau laba-laba, kemungkinan besar Anda juga akan melihat penurunan kesehatan tanaman.

Ini karena tungau laba-laba menggunakan bagian mulutnya untuk menyedot nutrisi dan cairan penting dari daun dan batang tanaman.

Tungau laba-laba merampas kesehatan dan kekuatan tanaman, mengakibatkan daun menguning yang akhirnya berubah warna menjadi cokelat dan mulai melengkung ke bawah.

Jika infestasi dibiarkan berkembang, pertumbuhan terhambat dan kematian kemungkinan besar terjadi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X