Kompas.com - 06/03/2021, 07:27 WIB
Ilustrasi kucing tidur. PIXABAY/W4MEDIAIlustrasi kucing tidur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing merupakan hewan yang tergolong manja, biasanya mereka akan mendekati orang atau pemilik yang dianggapnya membuatnya nyaman. Bahkan beberapa kucing, akan mendekat dan tidur di beberapa bagian tubuh manusia.

Dilansir dari Treehugger, Sabtu (6/3/2021), kucing dapat tidur di berbagai lokasi di dalam dan sekitar pemiliknya, termasuk kepala, leher, dada, dan pangkuannya.

Berikut arti mengapa kucing tidur di beberapa bagian tubuh pemiliknya. 

Baca juga: Mengapa Kucing Senang Tidur di Dekat Tubuh Manusia?

Kepala

Telah lama diasumsikan bahwa kucing suka berada di dekat kepala pemiliknya karena di sanalah sebagian besar panas keluar.

Akan tetapi, kepala manusia sebenarnya melepaskan panas dalam jumlah yang kurang lebih sama dengan bagian tubuh lainnya.

Meskipun demikian, kepala lebih sedikit bergerak saat orang membolak-balik saat tidur, jadi kucing mungkin tetap berada di dekat bagian atas tempat tidur demi keamanan.

Selain itu, kucing menggunakan pandangannya sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pemiliknya dan kucing lain, jadi mereka juga suka berada di dekat mata pemiliknya.

Baca juga: Apa yang Diimpikan oleh Kucing Saat Tidur?

Dada

Anak kucing menghabiskan sebagian besar periode perkembangan formatifnya dengan tidur di atau di dekat anak kucing lain, membuat dokter hewan berteori bahwa suara pernapasan yang teratur dan detak jantung di dekatnya dapat membuat kucing nyaman dan membantu mereka tidur dengan lebih nyaman.

Pangkuan

Meskipun tidak ada penelitian pasti untuk membuktikan hal ini, sebagian besar pemilik kucing mengetahui apa yang diinginkan kucing mereka saat melompat ke pangkuannya untuk tidur yakni untuk dielus dan mendapat perhatian.

Pangkuan adalah tempat yang tepat untuk tetap hangat dan mudah dijangkau oleh pemilik.



Sumber Treehugger
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X