Kompas.com - 05/03/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi AC. SHUTTERSTOCK/NAYPONG STUDIOIlustrasi AC.

JAKARTA, KOMPAS.com — Mendinginkan ruangan dengan menggunakan air conditioner memang akan membuat kita merasa nyaman. Namun, penggunaan AC terlalu lama juga akan membuat tagihan listrikmu membengkak.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar ruanganmu tetap sejuk meski tanpa menyalakan AC.

Berikut adalah delapan cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat ruangan tetap sejuk meski tanpa AC seperti dilansir dari Renonation, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Jangan Biarkan AC Tetap Menyala Saat Tidak Ada di Ruangan, Mengapa?

1. Pasang perabot jendela anti tembus pandang

Sinar matahari, selain baik untuk kesehatan fisik dan emosional, juga dapat membuat udara menjadi panas sekaligus menghadirkan kehangatan ke dalam rumah.

Belilah tirai anti tembus pandang yang akan menahannya sinar matahari sepenuhnya disaat panas matahari sedang menyengat.

Pilih yang berwarna terang karena warna terang memantulkan cahaya sementara warna yang lebih gelap menyerap cahaya.

Jika kamu memang membutuhkan sedikit sinar matahari, buka jendela yang tidak langsung menghadap matahari.

Baca juga: 5 Trik Membuat Rumah Lebih Sejuk Tanpa AC

2. Tempelkan kaca film surya

Jika kamu tak suka menutupi jendela dengann tirai tebal, pertimbangkan untuk membeli kaca film surya yang dapat kamu tempelkan ke jendelaa. Ini dirancang untuk memantulkan atau menyerap panas tanpa menghalangi pandangan.

Untuk memeriksa seberapa banyak panas atau cahaya yang dapat diblokir oleh kaca film surya, tanyakan kepada penjual tentang total energi surya yang ditolak (TSER).

Nilai TSER terdiri dari penolakan tiga jenis panas matahari: Sinar infra merah, sinar UV dan cahaya tampak.

Jika ingin membuat perbandingan, pastikan kamu membandingkannya dengna baik, karena nilai TSER yang lebih tinggi tidak selalu berarti film tersebut lebih baik dalam memblokir panas.

Halaman:


Sumber Renonation
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X