Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Menjaga Rumah Tetap Sejuk Meski Tanpa AC

JAKARTA, KOMPAS.com — Mendinginkan ruangan dengan menggunakan air conditioner memang akan membuat kita merasa nyaman. Namun, penggunaan AC terlalu lama juga akan membuat tagihan listrikmu membengkak.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar ruanganmu tetap sejuk meski tanpa menyalakan AC.

Berikut adalah delapan cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat ruangan tetap sejuk meski tanpa AC seperti dilansir dari Renonation, Jumat (5/3/2021).

1. Pasang perabot jendela anti tembus pandang

Sinar matahari, selain baik untuk kesehatan fisik dan emosional, juga dapat membuat udara menjadi panas sekaligus menghadirkan kehangatan ke dalam rumah.

Belilah tirai anti tembus pandang yang akan menahannya sinar matahari sepenuhnya disaat panas matahari sedang menyengat.

Pilih yang berwarna terang karena warna terang memantulkan cahaya sementara warna yang lebih gelap menyerap cahaya.

Jika kamu memang membutuhkan sedikit sinar matahari, buka jendela yang tidak langsung menghadap matahari.

2. Tempelkan kaca film surya

Jika kamu tak suka menutupi jendela dengann tirai tebal, pertimbangkan untuk membeli kaca film surya yang dapat kamu tempelkan ke jendelaa. Ini dirancang untuk memantulkan atau menyerap panas tanpa menghalangi pandangan.

Untuk memeriksa seberapa banyak panas atau cahaya yang dapat diblokir oleh kaca film surya, tanyakan kepada penjual tentang total energi surya yang ditolak (TSER).

Nilai TSER terdiri dari penolakan tiga jenis panas matahari: Sinar infra merah, sinar UV dan cahaya tampak.

Jika ingin membuat perbandingan, pastikan kamu membandingkannya dengna baik, karena nilai TSER yang lebih tinggi tidak selalu berarti film tersebut lebih baik dalam memblokir panas.


Periksa apakah kamu membandingkan film surya dengan transmisi cahaya tampak (VLT) yang sama, karena jumlah cahaya yang dapat disaring, akan menentukan seberapa gelap atau terang ruanganmu nantinya.

3. Beli dehumidifier

Kelembaban yang tinggi (kelembaban di udara) dapat membuat kamu merasa lebih hangat, karena mengurangi kemampuan keringat untuk menguap dari tubuh. Dan ketika keringat tidak dapat menguap secara efektif, tubuh tidak dapat mendingin.

Sebagai negara beriklim tropis, ini adalah masalah yang sangat signifikan karena kelembapan di lingkungan kita umumnya cukup tinggi.

Jika kamu merasa tidak dapat mendinginkan diri di rumah atau melihat jamur yang banyak tumbuh di sekitar, kamu mungkin perlu menurunkan tingkat kelembapan di rumah.

Pertimbangkan membeli dehumidifier, yang membantu mengekstraksi air atau kelembaban dari udara. Beberapa model juga dilengkapi dengan fitur penjernihan udara.

4. Siapkan kipas angin kamar mandi

Salah satu area rumah yang paling lembab adalah kamar mandi, karena sering kali basah. Ditambah dengan pancuran air panas dan semua udara yang panas dan lembab akan masuk ke rumah dan membuatnya terasa tidak begitu sejuk.

Untuk mengatasi hal ini, belilah kipas angin kamar mandi yang akan membantu menyedot semua udara lembap dari kamar mandi ke luar, ini akan membantu menjaga ruangan tetap sejuk dan kering.

5. Hiasi dengan tanaman

Ruang hijau sering terasa jauh lebih sejuk. Ini karena tanaman bisa menyerap panas secara alami (untuk fotosintesis). Untuk itu, kamu bisa menambahkan tanama ke dalam ruangan agar hunian menjadi lebih sejuk.

Pilih tanaman tinggi dengan daun besar dan lebat serta tanaman yang menyukai banyak sinar matahari sehingga Anda dapat menempatkannya di dekat jendela untuk memberi keteduhan ekstra.

Tanaman yang menyukai matahari termasuk lidah buaya, tanaman ular, dan tanaman monstera yang populer.

6. Minimalisir penggunaan alat elektronik berbasis pemanas

Peralatan rumah tangga mengeluarkan banyak panas, ini akan berkontribusi pada suhu yang lebih tinggi di rumah.


Untuk itu, sebaiknya jagnan menggunakan peralatan seperti, mesin cuci, pengering, dan oven cenderung menyala dalam jangka waktu tertentu dan dapat meningkatkan suhu di rumah secara signifikan.

Pikirkan untuk menjemur pakaian agar kering secara alami di bawah sinar matahari siang hari atau gunakan pemanas makanan dengan alat masak dan kompor daripada harus menggunakan mircrowave.

7. Pastikan ventilasi silang

Salah satu cara termudah untuk mendinginkan rumah adalah dengan menerapkan ventilasi silang.

Untuk memastikan adanya ventilasi silang di rumah, buka jendela dan pintu yang terletak berseberangan di dalam ruangan.

Langkah ini akan membantu mengeluarkan hawa panas dari dalam rumah. Kamu juga bisa menambahkan kipas pada langit-langit untuk menggerakkan udara.

8. Gunakan seprai katun atau linen

Hindari menggunakan sutra atau bahan poliester lainnya sebagai seprai tempat tidurmu. Karena bahan ini justru akan memerangkap panas dan kelembapan (keringat).

Pilih bahan seperti katun dan linen, yang lebih bernapas dan membiarkan panas menghilang. Katun dan linen akan membuatmu terus merasa sejuk sepanjang malam.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/05/210000376/8-cara-menjaga-rumah-tetap-sejuk-meski-tanpa-ac

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke