Kompas.com - 05/03/2021, 07:41 WIB
Ilustrasi AC (air conditioner), pendingin ruangan dan penyaring udara (filter). Perabot elektronik yang membutuhkan banyak daya. ShutterstockIlustrasi AC (air conditioner), pendingin ruangan dan penyaring udara (filter). Perabot elektronik yang membutuhkan banyak daya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin ruangan atau air conditioner (AC) menjadi salah satu alat elektronik yang banyak digunakan di beberapa rumah.

Tak bisa dipungkiri, keberadaan AC menjadi hal yang wajib, terutama di lokasi yang memiliki suhu lebih panas.

Udara dingin yang dihasilkan oleh AC ini menjadi kenyamanan bagi penggunanya. Oleh karena itu, banyak dari penggunanya yang dengan sengaja meninggalkan AC mereka dalam keadaan menyala sementara mereka tidak berada di ruangan tersebut.

Baca juga: 5 Trik Membuat Rumah Lebih Sejuk Tanpa AC

Hal ini dilakukan agar ketika mereka akan menggunakan ruangan tersebut suhu di dalam ruangan sudah dingin.

Membuang energi

Namun, dilansir dari Good Housekeeping, Jumat (5/3/2021), dengan membiarkan AC bekerja pada pengaturan suhu yang sama sepanjang hari akan membuang energi dan Anda akan membayar lebih besar.

Mungkin tampak seperti membuang-buang energi untuk menyalakan dan mematikan AC Anda, tetapi melakukannya sebenarnya menghemat cukup banyak biaya karena sistem AC bekerja paling efisien saat beroperasi dengan kecepatan penuh.

Jadi, meskipun unit Anda mungkin mengeluarkan lebih banyak kebisingan pada awalnya, mendinginkan ruangan dari 26 derajat menjadi 23 derajat celsius, menyalakan AC sepanjang hari dengan kecepatan yang kurang bertenaga membutuhkan lebih banyak energi secara keseluruhan.

Baca juga: AC Berisik? Mungkin Ini Penyebabnya

AC juga lebih baik dalam menghilangkan kelembapan rumah Anda saat bekerja dengan sangat baik.

Yang perlu diketahui, AC menggunakan 3 hingga 5 persen lebih sedikit energi untuk setiap derajat Anda menaikkan termostat.

Untuk mendapatkan penghematan energi terbaik, biarkan termostat disetel pada suhu 25 derajat Celsius.

Berikut beberapa cara lain untuk tetap tenang dan mendapatkan lebih banyak penghematan energi pada saat musim panas. 

Termostat yang Dapat Diprogram

Jika Anda memang ingin selalu suhu dalam ruangan sejuk setelah berpergian, solusinya adalah dengan menggunakan termostat yang dapat diprogram. Dengan begitu rumah Anda akan nyaman saat Anda masuk ke dalam rumah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X