Kompas.com - 06/03/2021, 09:24 WIB
Ilustrasi menanam tanaman herbal. PIXABAY/JILL WELLINGTONIlustrasi menanam tanaman herbal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman di rumah bukan berarti hanya tanaman hias atau tanaman bunga. Anda juga bisa menanam tanaman herbal, baik di luar maupun di dalam rumah.

Menanam tanaman herbal dalam ruangan tentu memberikan banyak manfaat, termasuk menghemat uang belanja karena Anda bisa langsung memanen dan mengolahnya menjadi bumbu dapur atau bahan masakan.

Namun, tanaman di dalam rumah juga meningkatkan kualitas udara dengan menyerap senyawa organik yang mudah menguap, sejenis polutan dalam ruangan. Selain itu, bebeeapa tanaman herba juga mampu mengusir hama, seperti nyamuk, lalat, atau tungau.

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Dapat Digantung

Nah, untuk Anda yang ingin menanam tanaman herbal di dalam rumah, berikut langkah-langkah mudahnya, seperti dikutip dari Goodnet, Sabtu (6/3/2021).

1. Pilih tanaman

Langkah pertama adalah memilih tanaman herbal yang akan ditanam. Pilih tanaman herbal yang akan digunakan untuk memasak yang dapat Anda potong dengan mudah dari ambang jendela.

Anda dapat memesan semua jenis benih tanaman secara online atau membelinya di toko tanaman. Beberapa tanaman herbal yang dapat Anda pilih adalah yang tumbuh subur sepanjang tahun, seperti rosemary, kucai, oregano, timi, dan ketumbar.

Anda juga dapat memilih sayuran yang tumbuh di dalam ruangan seperti daun bawang, lobak, tomat, atau bayam.

Baca juga: 8 Tanaman Herbal Ini Bisa Jadi Bahan Pembersih di Rumah

2. Pilih pot tanaman

Sekarang Anda membutuhkan tempat untuk tanaman tumbuh. Coba pilih pot tanaman dengan lubang drainase agar tanah tidak terlalu basah.

Tanaman herbal juga tumbuh dengan baik di dalam guci dan pot gantung.

3. Pilih jendela yang terpapar sinar matahari

Anda harus memastikan tanaman herbal di dalam rumah mendapat cukup sinar matahari. Tanaman herbal menyukai sekitar 5 jam sinar matahari langsung, jadi pastikan untuk memilih tempat yang bagus di mana tanaman dapat menangkap cukup sinar.

Periksa saja apakah panas yang dipantulkan tidak terlalu kuat. Anda juga bisa membeli lampu kecil sebagai alternatif.

Halaman:


Sumber Goodnet
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X