Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Baking Soda untuk Hilangkan Bau pada Pakaian

Kompas.com - 22/02/2021, 13:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Baking soda atau soda kue adalah bahan yang serba bisa. Tidak hanya sebagai bahan makanan, baking soda juga dapat digunakan untuk membersihkan berbagai benda di rumah.

Baking soda dapat membantu menghilangkan bau tak sedap dari pakaian bahkan jika tertinggal setelah dicuci berulang kali.

Baking soda juga berfungsi sebagai penguat cucian untuk membantu mencerahkan warna putih dan warna serta menyegarkan cucian secara umum dengan membantu menghilangkan bau.

Baca juga: 6 Manfaat Baking Soda untuk Mencuci Pakaian

Mengapa baking soda bisa menghilangkan bau dan menyegarkan pakaian?

Dilansir dari The Spruce, Senin (22/2/2021), deterjen beraroma dan produk perawatan lainnya hanya menutupi bau dengan wewangian buatan, namun baking soda sebenarnya menghilangkan banyak bau dengan menetralkan asam yang menghasilkan bau tersebut.

Baking soda bersifat basa dan paling efektif menghilangkan senyawa bau asam, seperti senyawa dalam susu asam, asap, keringat, dan muntahan. Baking soda juga dapat menyerap minyak yang menyebabkan bau pada cucian.

1. Menyegarkan pakaian yang dicuci

Bahkan cucian biasa terlihat dan berbau lebih segar saat diolah dengan baking soda. Tambahkan setengah cangkir soda kue ke cucian mesin bukaan atas atau mesin cuci depan.

Anda bisa memercikkan baking soda langsung ke pakaian daripada menambahkannya ke cangkir atau kompartemen deterjen. Jika Anda kehabisan deterjen dan perlu dicuci, gunakan satu cangkir baking soda sebagai pengganti deterjen.

Baca juga: Cara Membersihkan Wajan dan Panci Gosong, Pakai Cuka dan Baking Soda

Baking soda tidak akan berbusa seperti kebanyakan deterjen, jadi aman digunakan di mesin cuci bukaan depan.

2. Menghilangkan bau asap

Asap cenderung menempel pada serat pakaian. Entah itu asap dari dari makanan yang dibakar atau asap rokok, kunci untuk menghilangkan bau asap yang menyengat adalah perendaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com