Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2021, 20:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang memandang bahwa menanam sayuran di rumah kini semakin menarik dilakukan. Selain menghemat anggaran belanja, menanam sayuran juga bisa mempercantik rumah.

Bahkan, menanam sayuran juga bisa dilakukan di dalam rumah. Ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki rumah dengan halaman terbatas atau tinggal di apartemen.

Beberapa jenis sayuran pun relatif mudah tumbuh dan dirawat di dalam rumah. Apa saja? Dilansir dari All Recipes, Sabtu (30/1/2021), berikut penjelasannya.

Baca juga: 7 Tanaman Sayur yang Paling Cepat Tumbuh, Apa Saja?

Tips menanam sayuran di rumah

Langkah pertama, pilih pot yang cukup besar untuk menumbuhkan akar tanaman sayuran, yang juga memiliki lubang drainase di bagian bawah. Anda dapat membuat pot sendiri dengan wadah plastik atau tempat penyimpanan makanan bekas.

Anda harus meletakkan pot di atas piring atau nampan untuk menampung kelembaban yang mengalir keluar, sehingga Anda tidak merusak meja atau ambang jendela.

Tanam sayuran atau benih di pot menggunakan media tanam yang diformulasikan khusus untuk membantu tanaman tumbuh dalam kondisi dalam ruangan. Setelah Anda menyiapkan tanaman, taruh di ambang jendela yang cerah.

Tantangan terbesar untuk menanam sayuran di dalam ruangan adalah kurangnya cahaya. Itulah mengapa penting untuk meniru kondisi luar ruangan sebaik mungkin, dengan menggunakan lampu.

Baca juga: 5 Tanaman Sayur yang Mudah Ditanam di Halaman Rumah

Sayuran membutuhkan setidaknya 4-6 jam sinar matahari per hari, sedangkan buah-buahan membutuhkan 8-10 jam per hari.

Soal menyiram tanaman sayur, sedikit lebih baik. Karena tidak terkena panas luar ruangan yang intens, mereka tidak akan sering mengering, jadi berhati-hatilah agar tidak terlalu banyak air. Anda juga harus menjaga agar tanah tetap lembab, tetapi tidak kering.

Kelembaban yang rendah bisa membebani tanaman dalam ruangan, jadi gunakan botol semprot untuk menyemprotkannya air setiap hari atau pertimbangkan untuk membeli humidifier.

Perlu waktu beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan sebelum Anda dapat memanen tanaman sayuran. Musim panas adalah waktu terbaik dalam setahun untuk tumbuh, karena Anda akan mendapatkan cahaya paling alami yang tersedia.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com