Kompas.com - 08/01/2021, 15:57 WIB
Ilustrasi kucing sedang makan. SHUTTERSTOCK/DENIS VALIlustrasi kucing sedang makan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun ada makanan kucing yang dijual di pasaran, tidak jarang kucing peliharaan makan makanan manusia, seperti daging atau nasi. Hal ini pun sudah lumrah dan tidak masalah bagi kesehatan kucing.

Kucing memang karnivora, yang artinya ia membutuhkan daging dan protein dalam jumlah banyak agar tetap sehat. Adapun zat yang penting bagi kesehatan kucing adalah taurin, yang diperoleh di protein hewani.

Meskipun kucing Anda harus mengonsumsi makanan daging, namun Anda bisa memperkenalkan banyak variasi makanan lainnya dalam asupan gizi sehari-hari. Namun, selalu ingat bahwa beri makanan nondaging seperlunya saja.

Baca juga: Apa Keunggulan Makanan Basah untuk Kucing? Ini Penjelasannya

Dilansir dari Pet Helpful, Jumat (8/1/2021), berikut beberapa makanan manusia yang aman dikonsumsi kucing.

1. Brokoli

Brokoli dianggap tidak beracun dan dapat disajikan dengan dikukus dan didinginkan untuk kucing. Brokoli kaya akan antioksidan yang menyehatkan.

Ingatlah untuk hanya memberi brokoli sebagai camilan sewaktu-waktu dan dalam jumlah kecil. Menambahkan apa pun ke dalam makanan kucing Anda, bahkan camilan kecil, dapat menyebabkan sakit perut jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

2. Wortel

Kucing pasti bisa makan wortel kukus. Wortel kaya serat dan dikemas dengan banyak nutrisi yang enak.

Sekali lagi, seperti semua sayuran lainnya, kucing harus diberi makan wortel minimal dan dalam interval yang jarang. Penting untuk menghindari wortel mentah.

Baca juga: Kenali, Penyebab Kucing Mendesis

Pastikan untuk memotong wortel menjadi potongan-potongan kecil agar kucing Anda tidak tersedak.

3. Labu

Labu adalah sumber serat dan vitamin yang bagus untuk kucing Anda. Labu juga dapat membantu mengatasi masalah sembelit atau bahkan komplikasi seputar benturan akibat bola bulu.

Pastikan untuk hanya menawarkan labu murni pada kucing Anda, artinya tidak boleh mengandung rempah-rempah atau bumbu.

4. Bayam

Kucing secara alami menyukai sayuran hijau, dan bayam mengandung cukup banyak vitamin yang bermanfaat untuk kucing Anda.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X