Fishbone Cactus, Tanaman yang Diprediksi Populer di 2021

Kompas.com - 25/12/2020, 11:50 WIB
Ilustrasi tanaman hias fishbone cactus. SHUTTERSTOCK/MARITXUIlustrasi tanaman hias fishbone cactus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menuju 2021 yang tinggal menghitung hari, segala macam hal yang bakal populer mungkin telah dinanti oleh banyak orang, salah satunya soal tanaman hias yang makin begitu digandrungi pada tahun ini.

Melansir Country Living, salah satu tanaman hias yang diprediksi bakal populer pada tahun depan adalah fishbone cactus atau kaktus tulang ikan.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (25/12/2020), sesuai julukannya, fishbone cactus memiliki batang yang berbentuk pipih panjang dan berair menyerupai tulang ikan.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Bakal Populer pada Tahun 2021

Berasal dari Meksiko Selatan, kaktus tulang ikan kadang-kadang juga disebut kaktus anggrek zig zag atau ric rac. Tanaman satu ini diklaim mudah dirawat karena perawatannya minim.

Jadi jika kamu selalu gagal merawat tanaman dan malah cenderung selalu membunuhnya, cobalah mulailah menanam fishbone cactus.

Fishbone cactus sendiri memiliki nama ilmiah berupa selenicereus anthonyanus yang tumbuh sebagai tanaman hias karena bunga nokturnal dan batang seperti daun yang tidak biasa.

Terkenal karena batangnya yang panjang dan melengkung yang dilapisi dengan simpul daun bergerigi, kaktus tulang ikan ditemukan di habitatnya secara berkelompok, yang menggantung di pohon.

Baca juga: Mengenal Kaktus Tulang Ikan, Tanaman Hias yang Bakal Populer di 2021

Jika melirik sejarahnya, fishbone cactus dinamai oleh seorang ahli tanaman, yakni Harold E Anthony yang pertama kali membungakan spesies ini pada bulan Juni 1950.

Nama ilmiah fishbone cactus sebelumnya adalah Cryptocereus. Awalnya spesies fishbone cactus tidak begitu dikenal di wilayah asalnya, sehingga diselidiki secara menyeluruh oleh Thomas MacDougall, yang menemukan spesies ini pada 1946.

Thomas MacDougall awalnya mengira telah menemukan kerabat dekat Epiphyllum anguliger alias bunga wijayakusuma atau bunga wiku.

Ketika fishbone cactus berbunga di rumah kaca Anthony di Jersey pada tahun 1950, terlihat jelas bahwa ini adalah spesies baru yang hebat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X