Kompas.com - 24/12/2020, 16:21 WIB
Ilustrasi kucing Balinese. SHUTTERSTOCK/FAZLYEVA KAMILLAIlustrasi kucing Balinese.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing dikenal sebagai hewan yang baik dalam merawat dirinya sendiri. Namun demikian, ketika Anda memelihara kucing, Anda harus memperhatikan kesehatannya.

Ada beberapa masalah kesehatan yang umum terjadi pada kucing. Meskipun lazim, lagi-lagi masalah kesehatan ini jangan disepelekan.

Nah, apa saja masalah kesehatan pada kucing? Dilansir dari Web MD, Kamis (24/12/2020), berikut penjelasannya.

Baca juga: 5 Fakta Kucing Hitam, Diyakini Bawa Hoki hingga Pertemukan Jodoh?

1. Muntah

Muntah adalah salah satu permasalahan kesehatan yang paling umum terjadi pada kucing.

Penyebabnya pun beragam, mulai dari dampak memakan makanan yang beracun atau tidak bisa dimakan seperti benang atau tali, infeksi, penyakit kandung kemih, hingga diabetes dan bola bulu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gejala kucing muntah biasanya jelas, termasuk pula meneteskan air liur dan perut naik-turun. Muntah dapat dengan cepat membuat kucing Anda dehidrasi, jadi jika kucing terus muntah atau sakit, segera hubungi dokter hewan.

Mengumpulkan sampel muntahan kucing Anda dan membawanya ke dokter hewan mungkin dapat membantu.

Baca juga: Berbahayakah Berbagi Tempat Tidur dengan Kucing?

2. Penyakit kandung kemih atau Feline Lower Urinary Tract Diseases (FLUTD)

Diprediksi sebanyak 3 persen kucing yang diperiksa oleh dokter hewan memiliki penyakit saluran kemih bawah atau Feline Lower Urinary Tract Diseases (FLUTD). Ini sebenarnya merupakan sekelompok penyakit dengan berbagai penyebab.

Kucing betina dan jantan bisa terkena FLUTD, dan sering terjadi pada kucing yang kelebihan berat badan atau tidak sehat atau yang makan makanan kering.

Stres, banyak kucing di dalam rumah, dan perubahan mendadak dapat meningkatkan risiko FLUTD pada kucing. Adapun pengobatannya tergantung pada jenis FLUTD yang dimiliki kucing Anda.

Gejala FLUTD meliputi kucing minum lebih banyak, kucing susah buang air kecil, urin berdarah, buang air kecil di tempat yang tidak biasa, dan menangis saat buang air kecil.

Baca juga: Kucing Sulit Buang Air Kecil? Hati-hati Gejala FLUTD

Halaman:


Sumber WebMD
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.