Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2020, 17:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari es atau kulkas menjadi tempat yang paling aman untuk menyimpan berbagai bahan makanan.

Namun, pernahkah Anda mendapati daging cepat busuk atau susu di dalam kulkas sangat dingin?

Jika ya, pengaturan suhu di dalam kulkas Anda salah. Sebab, Lembaga Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengajurkan untuk menjaga kulkas pada atau di bawah suhu4 derajat celsius dan di freezer pada minus 18 derajat celcius.

Baca juga: Kulkas Tidak Dingin? Ini 6 Hal yang Harus Dilakukan

Tujuannya untuk menjaga makanan tetap segar dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Suhu di atas zona 1,6 hingga 3,3 derajat celcius mungkin terlalu tinggi dan akan menyebabkan makanan cepat rusak serta dapat menyebabkan masalah perut. Pasalnya, makanan bisa terpapar bakteri seperti salmonella dan E.coli.

Dilansir dari Life Hacker, Sabtu (21/11/2020), jika ingin mempertahankan suhu kulkas, Anda harus menyimpan stok makanan dengan kapasitas yang pas, tidak berlebih dan tidak kurang.

Dengan cara ini, Anda dapat menjaga suhu tetap konsisten, dibandingkan kulkas dengan keadaan kosong yang akan menjadikan udara di dalamnya lebih dingin.

Selain itu, hindari sering membuka tutup pintu kulkas, karena akan menyebabkan udara di luar akan masuk dan menyebabkan suhu yang berubah-ubah. Hal tersebut juga akan menyebabkan makanan cepat busuk karena terpapar udara dari luar kulkas.

Baca juga: 8 Cara Mudah Menghilangkan Bau pada Kulkas

Sayangnya, tidak semua pengukur suhu kulkas akurat. Terlebih lagi, beberapa kulkas tidak menampilkan suhu sama sekali, hanya menampilkan perkiraan berupa skala dari 1 hingga 5.

Lantas, bagaimana caranya mengetahui suhu dalam kulkas?

Anda bisa menggunakan termometer untuk mengetahuinya. Letakkan termometer di dalam kulkas, lalu diamkan selama 20 menit dan periksa suhunya.

Setelah Anda mengetahuinya, Anda dapat menyesuaikan suhu lemari es untuk menjaga suhu di zona aman antara 1 sampai 4 derajat celcius. Untuk bagian freezer, suhu terbaik yang dianjurkan adalah sedekat mungkin degan minus 17 derajat celcius.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com