10 Benda di Rumah yang Bisa Jadi Sarang Bakteri dan Kuman

Kompas.com - 22/11/2020, 07:10 WIB
Ilustrasi mencuci piring. SHUTTERSTOCK/SUKIYAKIIlustrasi mencuci piring.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun Anda rajin membersihkan rumah, namun barangkali ada benda- benda di rumah yang luput dari pembersihan.

Padahal, sadar atau tidak, benda-benda tersebut bisa menjadi sarang bakteri dan kuman. Oleh karena itu, ganti atau bersihkan benda-benda tersebut secara rutin.

Sebab, bila tidak, Anda dan keluarga bisa terserang beragam penyakit, mulai dari flu, demam, gangguan pencernaan, alergi, dan penyakit lainnya.

Baca juga: Hati-Hati, Bakteri Menempel di 5 Benda Ini di Rumah

Apa saja benda-benda tersebut? Dilansir dari Redbook, Sabtu (21/11/2020), berikut uraiannya.

1. Spons cuci piring

Spons yang Anda gunakan untuk mencuci piring dan peralatan masak sebenarnya merupakan sarang kuman dan bakteri, termasuk E.coli dan salmonella.

2. Handuk

Jika handuk Anda tidak dicuci dengan bersih dan dikeringkan, kemungkinan besar handuk tersebut akan mengandung berbagai jenis bakteri.

Pastikan untuk menggantung atau menjemur kembali handuk setelah digunakan, karena handuk lembab adalah tempat favorit kuman.

Baca juga: Hati-hati, Bakteri Menempel di Peralatan Dapur

3. Remote control

Sadarkah Anda bahwa remote control perangkat elektronik adalah benda di rumah yang penuh dengan bakteri? Oleh karena itu, bersihkan remote control secara berkala.

4. Microwave

Ketika membersihkan dapur, tampaknya banyak orang yang lupa pentingnya membersihkan microwave. Sangat penting untuk membersihkan microwave Anda, kecuali Anda ingin makanan disajikan bersama bakteri E. coli.

Halaman:


Sumber Redbook
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X