Hati-Hati, Bakteri Menempel di 5 Benda Ini di Rumah

Kompas.com - 16/11/2020, 14:38 WIB
Ilustrasi kamar mandi. SHUTTERSTOCK/HAMSTERMANIlustrasi kamar mandi.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah seharusnya menjadi sebuah tempat untuk beristirahat serta melepaskan penat setelah seharian bekerja serta melakukan rutinitas sehari-hari.

Sayangnya, ada virus dan bakteri yang tidak terlihat di dalam rumah yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti flu, sakit kepala, demam, dan lainnya.

Dilansir dari laman The Spruce, Senin (16/11/20), virus dan bakteri tersebut ada di beberapa tempat dan benda di dalam rumah.

Baca juga: Bagian yang Sering Terlewat Saat Membersihkan Dapur, Apa Itu?

1. Kamar mandi

Biasanya spora jamur dan lumut ditemukkan di lingkungan yang hangat dan lembab seperti kamar mandi, ruang cuci, dan ruang bawah tanah.

Spora jamur ini bisa tumbuh dan berkembang biak dengan membentuk koloni dan bisa membahayakan kesehatan Anda serta keluarga.

Semua jenis jamur menyerang sistem pernapasan dan dapat menyebabkan masalah besar bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Untuk itu, sangat penting melakukan pembersihan secara berkala di tempat-tempat yang rawan ditumbuhi oleh jamur dan lumut ini.

Baca juga: Kamar Mandi Bau? Ini 6 Solusinya

2. AC

Rumah yang menggunakan pendingin ruangan atau AC memiliki kemungkinan lebih besar memiliki sumber jamur yang lebih banyak daripada yang tidak menggunakannya. Kecuali filter AC sering dibersihkan dan diganti.

Sebab itu, untuk meningkatkan kualitas udara di dalam rumah, Anda harus membuka jendela dan pintu agar ada pertukaran udara di dalam ruangan.

3. Remote control

Biasanya remote control yang berada di dalam ruang tamu menjadi benda yang sering dipegang oleh berbagai orang.

Tidak bisa dimungkiri remote control ini bisa menjadi salah satu penyebab penyakit menyebar.

Halaman:


Sumber The Spruce
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X