Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Barang yang Harus Disingkirkan dari Kamar Tidur Minimalis

Menurut Victor Cheung, feng shui expert dan desainer interior, kamar tidur yang sederhana memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan sehingga patut dipertimbangkan, terlebih bila merasa sulit bersantai pada malam hari.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merapikan kamar tidur minimalis untuk membuat ruangan yang menenangkan.

Dikutip dari Homes and Gardens, Minggu (9/7/2023), berikut sejumlah barang yang harus disingkirkan dari kamar tidur minimalis.

Ia mengatakan lebih suka mendesain kamar tidur minimalis tanpa TV. "Jika tidak, kami mencoba mencari tempat untuk dapat menutup TV saat tidak digunakan, seperti lemari atau kabinet untuk mengurangi dampaknya," katanya.

Furnitur tanpa tempat penyimpanan

Selanjutny, barang yang harus disingkirkan dari kamar tidur minimalis adalah furnitur tanpa tempat penyimpanan. Penting menyembunyikan kekacauan dari ruang minimalis. 

Untuk mempermudah hal ini, Amy Berryhill, pendiri professional organizer Spiffy Chicks, menyarankan menyingkirkan semua perabotan yang tidak menawarkan penyimpanan tambahan.

Menurutnya, jika hanya memiliki permukaan datar, barang-barang bisa menumpuk seiring waktu. 

"Meja nakas yang lebar dengan laci-laci adalah barang favorit saya untuk penyimpanan kamar tidur sehingga bisa menyimpan sebagian besar barang dan hanya memiliki beberapa barang dekoratif di atasnya," ucapnya.

Meski begitu, hindari memiliki barang-barang dengan tempat penyimpanan secara berlebihan.

Dekorasi berlebih yang tidak terlalu berpengaruh

Victor Cheung mengatakan kamar tidur membutuhkan sedikit dekorasi untuk menambah kepribadian dan kehangatan, tapi bukan berarti kharus mempertahankan semua pernak-penik yang dimiliki.

Menurutnya, memiliki terlalu banyak karya seni dinding, barang-barang dekoratif, atau furnitur yang tidak perlu dapat menciptakan kekecauan visual dan mengganggu keselarasan secara keseluruhan.

"Dengan menyederhanakan ruang visual, kita bisa menciptakan suasana bersih dan rapi yang menumbuhkan suasana damai," katanya.

Amy Bloomer, professional organizer, mengatakan salah satu langkah terbaik menciptakan kamar tidur minimalis adalah merapikan buku-buku, bahkan memindahkan rak-rak buku ke tempat lain.

"Simpan buku-buku favorit Anda dan sumbangkan sisa buku-buku tersebut ke perpustakaan setempat, sekolah (jika sesuai), atau toko barang bekas," katanya.

Kekacauan di meja nakas

Meja nakas di kamar tidur dapat menjadi magnet bagi kekacauan. "Sebaiknya, tidak memiliki dekorasi di meja nakas sama sekali serta jaga meja tetap bersih agar bisa meletakkan barang-barang penting, seperti minuman, buku, dan gelas jika membutuhkannya," imbuh desainer Stephanie Calderon.

"Bagi mereka yang memiliki kebutuhan tambahan di samping tempat tidur, kami selalu menyarankan meja nakas dengan laci untuk menyembunyikan barang-barang yang berantakan," tambahnya.

Pakaian yang sudah tidak dipakai

Terakhir, barang yang harus disingkirkan dari kamar tidur minimalis adalah pakaian yang sudah tidak dipakai. Merapikan pakaian sangat penting untuk ruang minimalis.

Victor Cheung mengatakan menyimpan koleksi pakaian yang minimal dan terorganisasi akan menghindari lingkungan yang berantakan serta berkontribusi pada rasa tenang dan teratur.

Menurutnya, memiliki pakaian berlebih yang berserakan di sekitar kamar tidur akan mengganggu hal tersebut.

Jika memiliki ruang di rumah, sebaiknya mempertimbangkan memindahkan pakaian dari kamar tidur sepenuhnya dan memiilh ruang ganti terpisah.

Hal ini dapat membantu memisahkan kekacauan dari kamar tidur dan menciptakan lingkungan yang benar-benar santai.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/09/133624276/6-barang-yang-harus-disingkirkan-dari-kamar-tidur-minimalis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke