Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Mendekorasi Kamar Tidur Kecil

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi kamar tidur kecil atau kamar tidur sempit bisa menjadi tantangannya. Dekorasi kamar tidur kecil sangat bergantung pada bentuk kamar tidur, untuk apa Anda menggunakannya, apa yang Anda butuhkan untuk menyesuaikannya, dan fitur arsitekturnya.

Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendekorasi kamar tidur kecil agar menjadi tempat istirahat yang nyaman, menyenangkan, dan indah.

Dikutip dari Homes & Gardens, Sabtu (8/7/2023), perhatikan hal-hal berikut ini saat mendekorasi kamar tidur kecil.

1. Fungsi ruangan

Saat memulai mendekorasi kamar tidur kecil, sangat penting untuk memulai dengan menentukan fungsi utama ruangan, saran Jennifer Davis, kepala Davis Interior.

Penting untuk mempertimbangkan dengan hati-hati aktivitas apa yang ingin Anda tampung dalam ruang terbatas.

Tentu saja, salah satu tujuan yang paling jelas dari sebuah kamar tidur adalah untuk tidur, menjadikan ukuran tempat tidur untuk kamar kecil sebagai aspek mendasar yang perlu dipertimbangkan, tutur dia.

Selain itu, imbuh Davis, penyimpanan pakaian harus diperhitungkan untuk memastikan pengaturan kamar tidur kecil yang efisien dan pemanfaatan area yang tersedia.

Apakah ruangan akan memiliki fungsi sekunder, seperti ruang kerja di kamar tidur atau ruang bermain? Dalam kasus seperti itu, menjadi penting untuk mengeksplorasi opsi di mana perabotan dapat dengan cerdik memenuhi peran ganda, mengoptimalkan fungsionalitas ruangan, ungkap dia.

Dengan mengevaluasi secara cermat tujuan yang dimaksudkan dari kamar tidur kecil, dengan mempertimbangkan aspek-aspek seperti pengaturan tempat tidur, penyimpanan pakaian, dan potensi multifungsi, Anda dapat mengambil keputusan yang tepat terkait pemilihan furnitur, tata letak, dan solusi penyimpanan di kamar tidur kecil.

Pendekatan ini memastikan bahwa setiap inci persegi ruangan digunakan secara efisien, menciptakan keseimbangan yang harmonis antara fungsionalitas dan estetika dalam ruang yang terbatas, ucap Davis.

Untuk membantu Anda mempertimbangkan cara menyusun ruangan sesuai fungsinya, pertimbangkan hal-hal yang harus dimiliki di kamar tidur kecil, serta apa yang paling penting bagi Anda.

2. Tata letak yang benar

Brad Smith, desainer interior dan CEO Omni Home Ideas mengatakan, hal pertama yang harus diputuskan saat mendekorasi kamar tidur kecil adalah tata letaknya.

Langkah ini sangat penting karena memengaruhi setiap keputusan berikutnya mulai dari pemilihan furnitur hingga skema warna.

Mulailah mengatur tata letak kamar tidur kecil Anda dengan menilai di mana barang-barang penting harus ditempatkan, termasuk tempat tidur, meja rias atau lemari, dan meja samping tempat tidur. Kemudian lanjutkan ke bagian lain yang lebih kecil.

Dengan berfokus pada tata letak terlebih dahulu, Anda dapat memastikan bahwa ruangan tersebut fungsional. Di ruang terbatas, tata letak yang terencana dengan baik memastikan bahwa setiap kaki persegi dimanfaatkan secara maksimal.


Pertimbangan harus mencakup seberapa bebas Anda dapat bergerak, aksesibilitas penyimpanan, dan apakah ada cukup ruang untuk aktivitas sehari-hari.

Penataan furnitur yang strategis dapat secara dramatis memengaruhi ruang yang dirasakan di dalam ruangan.

Misalnya, menempelkan tempat tidur ke dinding, memilih solusi penyimpanan vertikal, atau penempatan cermin kamar tidur kecil yang strategis dapat membuat ruangan terasa lebih luas, saran Smith.

Setelah tata letak diputuskan, menjadi lebih mudah untuk memilih furnitur yang sesuai, memutuskan palet warna, dan merencanakan solusi penyimpanan yang efisien untuk menjaga agar tidak berantakan, terang dia.

3. Ukuran dan skala furnitur

Skala dalam desain interior sangat penting untuk dilakukan dengan benar, terutama saat mempertimbangkan mulai dari mana saat mendekorasi kamar tidur kecil.

Memilih furnitur yang ukurannya proporsional dengan ruangan, tidak memakan ruang lantai terlalu banyak dan sesuai dengan ukuran perabot lainnya sangat penting di kamar tidur kecil tidak hanya untuk kepraktisan tetapi juga estetika.

Hindari furnitur besar atau besar yang dapat memadati ruangan dan mengurangi ruang lantai, dan temukan furnitur cerdas ruang, seperti lemari dengan pintu geser.

Beth Martin, pendiri dan desainer di Beth R Martin menjelaskan, karena tempat tidur adalah fondasi dari setiap kamar tidur, ini akan menjadi pertimbangan paling penting di ruang yang sempit.

Kamar tidur kecil mungkin membatasi ukuran tempat tidur yang diperbolehkan, jadi pastikan untuk mengukur kamar Anda dengan hati-hati, ujar Martin.

4. Cari cara untuk meletakkan penyimpanan

Roman Smolevskiy, pemilik A+ Construction and Remodeling mengatakan, langkah pertama yang sangat penting saat mendekorasi kamar tidur kecil adalah menentukan fungsi utamanya.

Keputusan yang tampaknya sederhana ini membentuk dasar untuk penggunaan ruang yang efektif. Fungsi utama ruangan dapat mengarahkan sisa proses desain untuk kamar tidur kecil Anda

Setelah fungsinya jelas, Anda dapat melanjutkan dengan keputusan lain seperti menyertakan sofa bed, memilih skema warna ruangan, pemilihan furnitur, dan solusi penyimpanan, semuanya ditujukan untuk mengoptimalkan ruang, terang Smolevskiy.

Adapun Martin menyarankan, karena tidak pernah ada cukup penyimpanan di ruangan yang kecil, pertimbangkan bagaimana tempat tidur dapat membantu. Menambahkan anak tangga, laci built-in, atau bahkan tempat tidur loteng adalah cara inovatif untuk memaksimalkan luas ruangan.

Dalam mempertimbangkan fungsi kamar tidur kecil, pertama-tama, Anda juga perlu mempertimbangkan opsi furnitur untuk tidak hanya mengisi, tetapi memaksimalkan ruang dengan menemukan opsi terbaik.

Ashley Yeates, pendiri, dan kepala AYI & Associates, berkata, penggunaan ruang multiguna seperti meja di bawah tempat tidur twin yang ditinggikan atau meja lipat di lemari dinding memberikan fungsi tanpa bersaing dengan ruang lantai.

Less is more ketika ruang terbatas, menjaga desain tetap sederhana dan cerah dapat membuka ruangan. Selain itu, menambahkan pencahayaan dan menjaga agar jendela bebas dari furnitur, aksesori, dan menambahkan cermin di seberang jendela memungkinkan ilusi ruang lebih besar.

Temukan furnitur dengan fungsi ganda seperti kepala tempat tidur dengan rak, tempat tidur dengan laci bawaan atau penyimpanan di bawah tempat tidur, atau penyimpanan di sandaran kaki.

Di kamar tidur kecil di mana ruang lantai terbatas, manfaatkan ruang dinding dengan berinvestasi di rak yang terpasang.

5. Pilih warna kamar tidur sesuai tingkat cahaya

Saat mendekorasi ruangan yang kecil, Anda harus sangat berhati-hati dengan warna dinding utama yang Anda gunakan, karena Anda perlu menghindari ruangan yang berlebihan dan membuatnya terlihat lebih kecil.

Jadi, titik awal yang bagus adalah memilih warna yang membuat ruangan kecil terlihat lebih besar.

Artem Kropovinsky, desainer interior dan pendiri Arsight berkata, keputusan pertama yang harus diambil adalah pilihan warna. Ini adalah percakapan yang dimulai dan diakhiri dengan cahaya.

Pilih warna yang lebih terang seperti krem, pastel, atau biru muda, karena memantulkan cahaya dan membuat ruangan terasa lebih luas. Kontinuitas warna meningkatkan aliran ruang, saran Kropovinsky.

Anda mungkin juga dapat menjelajahi ide cermin kamar tidur kecil yang dapat digunakan secara strategis untuk memantulkan cahaya dan menciptakan tampilan lebih banyak ruang.

6. Tambahkan karakter dengan dekorasi

Kamar tidur kecil tidak perlu kosong dari karakter, dan Anda dapat memasukkannya melalui dekorasi. Kropovinsky berkata, masukkan kepribadian dalam ruang monokromatik.

Keindahan ruang monokromatik adalah kanvas kosong yang disediakannya. Untuk menciptakan kedalaman dan ketertarikan, bermainlah dengan tekstur.

Gunakan bahan-bahan seperti bulu imitasi, beludru, atau kayu reklamasi, dan bahkan elemen pahatan seperti perlengkapan lampu unik atau karya seni dinding abstrak, saran dia.

Sementara monokrom membentuk dasar desain, pertimbangkan semburat warna strategis untuk memberikan karakter ruangan. Mungkin bantal berwarna permata, karya seni yang semarak, atau tanaman dengan dedaunan berwarna-warni.

Jo Bailey, wakil editor di Homes & Gardens menyarankan, pertimbangkan dampak keseluruhan yang Anda inginkan dari kamar tidur kecil. Anda tidak perlu menyimpan ide yang lebih berani untuk ruangan yang lebih besar di rumah.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/08/162000076/perhatikan-6-hal-ini-saat-mendekorasi-kamar-tidur-kecil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke