Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ide Mendekorasi Meja Kopi di Ruang Tamu

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja kopi merupakan salah satu perabot penting di ruang tamu. Selain memberikan permukaan yang nyaman untuk meletakkan berbagai barang sehingga mudah dijangkau, meja kopi juga menjadi salah satu elemen dekorasi ruangan.

Meja kopi yang didekorasi dengan baik akan menambah daya tarik di ruangan. Terdapat berbagai ide yang bisa Anda coba untuk menciptakan tampilan meja kopi yang serasi dan menarik.

Dilansir Better Homes and Gardens Australia, Senin (12/6/2023), berikut ini 7 cara mendekorasi meja kopi.

1. Ciptakan ketinggian yang berbeda

Salah satu cara terbaik untuk menambah daya tarik pada meja kopi adalah dengan bermain dengan ukuran dan ketinggian.

Hal ini dapat dengan mudah didapatkan dengan lilin yang memiliki ketinggian yang berbeda. Namun, Anda juga dapat menambahkan benda lain seperti gelas kaca yang tinggi dan tanaman.

Anda juga bisa menggunakan beberapa buku untuk menciptakan ketinggian yang Anda inginkan.

2. Gunakan benda yang menarik perhatian

Buatlah penegasan gaya dengan satu benda yang menarik perhatian, seperti tanaman yang cantik atau terarium besar. Pastikan benda tesebut terlihat proporsional dengan meja kopi Anda.

3. Bermain dengan warna

Salah satu cara untuk menciptakan tampilan yang kohesif adalah dengan memilih warna-warna di ruang tamu dan menggunakannya dalam elemen-elemen di meja kopi.

Cobalah untuk membuat setidaknya tiga hubungan visual, seperti menggunakan warna yang sama pada bantal, buku, dan bunga.

4. Buku dan bunga

Buku dan bunga selali merupakan kombinasi yang bagus. Buatlah dua atau tiga tumpukan buku, dan lengkapi dengan sebuah benda kecil seperti mangkuk atau kerang.

Lengkapi tampilannya dengan vas bunga.

5. Sentuhan personal

Jika ingin menambahkan sedikit sentuhan personal pada ruang tamu, lakukan pendekatan yang menyenangkan pada dekorasi rumah Anda dengan benda-benda pribadi dan elemen unik.

6. Gunakan nampan

Salah satu cara untuk menyatukan elemen-elemen yang berbeda adalah dengan mengelompokkan barang-barang di atas nampan yang cantik.

Selain menjadi cara untuk memajang benda-benda favorit, hal ini akan memudahkan Anda untuk memindahkan barang-barang.

7. Terapkan rule of three

Hindari mengacaukan meja kopi dengan terlalu banyak barang. Cukup gunakan tiga elemen untuk membuat sketsa yang kohesif.

Jackie Hernandez dari School of Decorating mengatakan, "Dalam penulisan, fotografi, dan desain, mengelompokkan benda-benda dalam tiga elemen adalah prinsip klasik yang harus diikuti."

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/12/113700676/7-ide-mendekorasi-meja-kopi-di-ruang-tamu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke