Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kesalahan Dekorasi yang Bikin Ruang Tamu Tampak Ketinggalan Zaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu adalah salah satu ruangan paling penting di rumah. Selain untuk menjamu tamu, ruang tamu juga biasa digunakan pemilik rumah untuk berkumpul bersama keluarga, sebagai ruang kerja, hingga menikmati hiburan.

Oleh karena itu, dekorasi ruang tamu penting untuk diperhatikan. Tidak ada salahnya mengikuti tren dekorasi ruang tamu, akan tetapi, ada beberapa kesalahan dekorasi yang justru membuat ruang tamu tampak ketinggalan zaman.

Dilansir Apartment Therapy, Rabu (26/4/2023), berikut beberapa kesalahan dekorasi yang membuat tampilan ruang tamu tampak ketinggalan zaman.

1. Warna cat

Jika Anda menginginkan rumah dengan warna cerah yang berbeda di setiap ruangan, ini tidak ada salahnya. Warna yang lebih tenang hampir selalu dianggap menenangkan.

Dengan demikian, meskipun tren warna silih berganti, warna netral tidak akan pernah benar-benar ketinggalan zaman dan layak dipertimbangkan jika ruang tamu Anda membutuhkan lapisan cat baru.

Jika dinding ruang tamu Anda berwarna permata yang kuat atau sebagian besar bernuansa hijau muda atau kuning, mungkin inilah saatnya untuk pengecatan baru, kata desainer interior Laura Pankonien dari The Pankonien Group di Texas, Amerika Serikat.

Bila Anda bingung tentang warna apa yang harus dipilih, Pankonien merekomendasikan warna putih krem atau warna coklat muda yang netral untuk menambahkan tampilan yang segar dan cerah ke ruang tamu.

2. Aksesoris dan furnitur yang sedang tren

Dalam hal furnitur dan aksesoris, sulit untuk tidak mengejar tren terbaru yang tersebar di media sosial. Namun, Anda dapat menghindari penyesalan dengan menghindari warna atau pola trendi untuk barang-barang mahal, seperti pelapis atau tirai jendela.


Jika barang-barang ini tetap netral, sangat mudah menyegarkan ruangan dengan bantal, karpet, atau aksesoris baru.

3. Lampu yang terlalu "ramai"

Bahkan ruang tamu yang paling apik pun akan terlihat kuno dengan lampu yang hiasannya terlalu ramai dan bergaya lonceng, ujar desainer interior yang berbasis di Arizona, Jennifer Ferrandi dari NoMad Design.

Cara yang sangat sederhana untuk memperbarui ruang tamu dengan cepat adalah dengan menukar lampu lama atau bahkan hanya tirai, jelas dia.

4. Pencahayaan yang tidak tepat

Pencahayaan memainkan peran kunci dalam desain dan suasana ruang. Pikirkan betapa nyamannya rumah Anda dengan lampu meja dan lantai dan betapa sulitnya menyalakan lampu besar jika dibandingkan dengan itu.

Bentuk lain dari pencahayaan di atas kepala juga bisa keras atau membuat ruang tamu terasa kurang modern.

Jika Anda mengontrak rumah dan tidak menyukai pencahayaan tersembunyi di rumah, Pankonien merekomendasikan untuk menambahkan beberapa sumber cahaya lain ke ruangan untuk menciptakan tampilan berlapis yang lebih ramah.

Idealnya, Anda dapat menggunakan lampu gantung yang dapat diredupkan dengan setidaknya tiga lampu lain atau sconce dinding di ruangan untuk menciptakan ruang tamu yang nyaman.


5. Dekorasi bertema

Jika Anda menggunakan tema untuk dekorasi ruang tamu. cobalah untuk tidak terlalu literal dengan pilihan Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan bangun suatu hari dan merasa seperti sedang berada di lokasi syuting film.

Dengan furnitur, palet warna, dan pilihan aksesori dekoratif, Ferandi menyarankan untuk tidak terlalu mengandalkan estetika saat ini dengan menggunakan benda-benda yang lebih klasik.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/26/080500276/5-kesalahan-dekorasi-yang-bikin-ruang-tamu-tampak-ketinggalan-zaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke