Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menanam Nanas dari Buahnya, Bisa di Halaman Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nanas adalah salah satu buah tropis yang pastinya banyak ditemukan di Indonesia. Nah, Anda bisa menikmati nanas yang ditanam sendiri dengan cara menanamnya di halaman rumah.

Salah satu cara menanam nanas adalah dari buahnya. Anda bisa menanam nanas dari mahkota atau bagian atas buahnya, yang dapat dilakukan dengan cukup mudah di rumah.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Rabu (15/3/2023), berikut cara menanam nanas dari buahnya.

1. Pilih nanas berkualitas baik

Untuk menanam nanas di rumah, penting untuk mendapatkan buah nanas yang berkualitas baik, sehat, dan matang dari kebun organik. Cari yang daunnya hijau cerah dan tidak ada tanda-tanda hama atau penyakit.

2. Potong mahkota buah

Potong mahkota buah nanas yang berisi daun berdaging dengan pisau bersih yang telah disterilkan. Pastikan untuk tidak merusaknya dengan cara apa pun.

3. Buang pangkal daun

Lepaskan daun dari pangkalnya. Daun yang terlepas akan memperlihatkan inti coklat kecil, dari mana akarnya muncul.

Proses ini akan memudahkan perkembangan akar.

4. Isi gelas atau vas dengan air

Ambil gelas atau vas dan isi setengahnya dengan air bersih tanpa klorin. Pastikan vas memiliki lebar yang cukup untuk menahan bagian bawah kenop pada tempatnya.

5. Masukkan ke dalam air

Celupkan tajuk sehingga hanya bagian tanpa daun yang bersentuhan dengan air. Ganti air setiap tiga sampai empat hari untuk mencegah kemungkinan pertumbuhan jamur.

6. Biarkan

Tempatkan gelas atau vas kaca di lokasi yang menerima sinar matahari tidak langsung yang terang. Biasanya satu atau dua daun menjadi coklat seiring waktu.

Akan tetapi, jika Anda menemukan seluruh mahkota mengering tanpa akar yang terlihat dalam waktu delapan hari, Anda harus memulai dari awal lagi.

7. Perhatikan tanda munculnya akar

Tanda-tanda akar baru akan muncul dalam seminggu. Biarkan selama tujuh hingga delapan hari lagi untuk mendapatkan sistem akar yang terlihat.

Setelah Anda melihatnya, selanjutnya adalah memindahkannya ke tanah.

8. Siapkan media tanam

Ambil pot sedalam 12 inci dan siapkan media tanam yang menyerap air dengan baik yang diubah dengan bahan organik yang kaya.

9. Tanam nanas

Setelah Anda menyiapkan media tanam, tanam bagian atasnya agar daun tetap berada di atas tanah, tidak menyentuhnya. Sirami dengan baik, dan tempatkan di tempat yang mendapat sinar matahari langsung selama 3 sampai 4 jam setiap hari.

10. Perhatikan pertumbuhan tanaman

Yang harus Anda lakukan sekarang adalah menunggu dan melihat tanaman tumbuh dan membentuk buah nanas yang siap dipanen.

Tanaman akan mulai berbunga sejak tahun pertama dan akan siap berbuah dalam 15 sampai 16 bulan. Seberapa awal atau terlambat, ini lebih bergantung pada cuaca dan kondisi pertumbuhan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/15/211235076/cara-menanam-nanas-dari-buahnya-bisa-di-halaman-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke