Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hati-hati, Kolam Ikan Koi Dapat Menarik Ular Muncul ke Halaman Rumah

Kehadiran kolam ikan koi juga membuat halaman rumah tampak lebih indah serta sejuk lantaran adanya semak hijau dan tanaman yang mengelilingi kolam.

Tak heran, ini menjadi salah satu area di rumah yang digunakan untuk bersantai atau menghabiskan waktu di luar ruangan. 

Kendati demikian, dilansir dari Best Life Online, Minggu (15/5/2022), kolam ikan koi ternyata dapat menarik perhatian ular untuk masuk ke halaman rumah. Mengapa demikian? 

Sebenarnya, ular dapat bekerja sebagai pencegah alami terhadap hama umum seperti belalang, kodok, tikus, dan siput. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran ular dapat membuat penghuni rumah terkejut serta takut. 

Pemilik Agronomic Lawn Management, Craig Zeigler, mengungkapkan bahwa tampilan kolam ikan koi dapat mengundang ular berkunjung ke halaman rumah jika tidak dirawat dengan baik.

“Jika halaman memiliki rumput yang tinggi, ada kemungkinan besar ular mulai sering berkunjung. Mereka tertarik karena rumput tinggi memberi perlindungan sekaligus memudahkan ular berburu mangsa,” ujar Zeigler.

Karena itu, jika semak dan rumput di sekitar kolam ikan sudah mulai tampak tidak terawat, segera perbaiki tampilannya guna menghilangkan tempat persembunyian potensial bagi ular. 

Namun, terkadang meski rumput dan semak di sekitar kolam ikan koi sudah rapi, masih ada tempat persembunyian potensial bagi ular.

Ada beberapa pemiliki ikan yang menambahkan elemen lanskap seperti air mancur dan tumpukan batu untuk semakin memperindah halaman rumah.

Pemilik Buffalo Lawn and Pest Services, Don Potenza, menuturkan kolam ikan koi sudah menawarkan pasokan makanan yang stabil untuk spesies ramah air seperti ular Cottonmouth (Agkistrodon piscivorus).

Kehadiran air mancur dapat dijadikan sebagai sumber air andalan bagi ular dan jenis reptil merayap lainnya.

Selain air mancur, pemilik Terminix Triad, Burns Blackwell, menambahkan, kehadiran tumpukan batu juga dapat mengundang ular muncul ke halaman rumah. 

“Ular secara alami akan tertarik ke daerah dengan sumber makanan yang mudah, tetapi pada akhirnya kamu akan membuat kolam ikan koi menjadi lebih menarik bagi ular jika turut menyediakan tempat untuk berteduh di dekatnya,” jelas Blackwell.

Menurut Blackwell, banyak orang memiliki tumpukan batu di dekat kolam ikan koi, entah sebagai hiasan maupun sisa konstruksi kolam.

Tumpukan batu ini merupakan tempat sempurna bagi ular untuk bersembunyi, bahkan membentuk sarang. 

Blackwell mengimbau untuk menjaga kebersihan area di sekitar kolam ikan koi, termasuk menghilangkan tumpukan kayu dan batu atau semak-semak yang bisa dijadikan sebagai tempat persembunyian ular.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/15/125700676/hati-hati-kolam-ikan-koi-dapat-menarik-ular-muncul-ke-halaman-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke