Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Pencahayaan Kamar Mandi untuk Efek Seperti Spa

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi menjadi salah satu area yang sering digunakan di dalam rumah setiap harinya. Untuk menangani banyak aktivitas dalam satu ruang, penting untuk membuat pencahayaan fleksibel.

Untuk perawatan dan mandi, satu lampu di atas kepala atau sebatang di atas meja rias bukanlah solusi yang efektif.

Dengan perlengkapan berperingkat lembap di setiap gaya dan jenis perlengkapan, serta cermin dengan LED terintegrasi, penerangan kamar mandi telah berevolusi.

"Kami melihat lampu sconce unik di antara dan di samping cermin, dan itu baru permulaan. Orang-orang membuat kamar mandi mereka sedekat mungkin dengan spa " kata Tim Stumm, direktur kreatif, Z-Lite Lighting, dilansir Better Homes and Gardens, Rabu (4/5/2022).

Untuk merangkul kehidupan mewah serta fungsinya, gabungkan pencahayaan kamar mandi yang mengakomodasi kebutuhan sehari-hari sambil membantu Anda mencapai suasana seperti spa.

Kiat ahli dari American Lighting Association ini akan menunjukkan kepada Anda cara memanfaatkan pencahayaan kamar mandi untuk ruang yang tenang dan bebas stres.

Tetapkan gaya

Apakah tampilannya adalah rumah pertanian modern, minimalis elegan, atau desain pribadi yang mewah, perlengkapan akan menambah suasana.

Pilih lampu liontin, sconce, lampu gantung, dan perlengkapan flush-mount yang memberikan nuansa yang lebih nyaman di dalam kamar mandi.

Pertimbangkan hasil akhir matte yang melengkapi dan kontras ubin mengkilap, perangkat keras, dan trim untuk menciptakan desain yang kohesif. Aksen logam atau tekstur pada pencahayaan juga bisa menambah kehangatan.

Gunakan berbagai jenis pencahayaan 

Tempat lilin di samping cermin menghilangkan bayangan kasar. Ketika lampu bar adalah bagian dari skema desain, mereka dapat dipusatkan di antara wastafel dan dilengkapi dengan perlengkapan lainnya.

Buat lapisan cahaya menggunakan lampu sconce, perlengkapan overhead, cermin LED terintegrasi, lampu sorot, dan lampu tersembunyi.

Pencahayaan berhubungan

Rangkullah dampak desain pencahayaan dengan menggunakan perlengkapan yang lebih berani di kamar mandi. Lampu gantung, misalnya, adalah perhiasan desain, kata desainer interior SuzAnn Kletzien dari SuzAnn Kletzien Design.

"Saya sering memilih potongan seperti yang saya lakukan untuk pakaian saya sendiri, mengombinasikan jenis tekstur, gaya, dan tampilan yang sama dengan keseluruhan ruang," katanya.

Pertimbangkan perlengkapan dengan bentuk organik, kristal modern, atau logam bercahaya untuk mengubah tampilan bak mandi Anda. Tim Stumm, direktur kreatif Z-Lite Lighting, mengatakan kuncinya adalah membuat pencahayaan berhubungan. 

Periksa keamanan

Sebelum memasang perlengkapan apa pun di kamar mandi, tinjau kode bangunan setempat. Perlengkapan tidak dapat dipasang cukup rendah untuk disentuh sambil berdiri, dan batasan tambahan mungkin berlaku untuk perlengkapan di atas bak.

Selain pencahayaan tugas di sebelah cermin, jelajahi perlengkapan overhead flush-mount atau semi-flush untuk kamar mandi dengan langit-langit yang lebih rendah.

Untuk kamar mandi, selalu cari perlengkapan aman dari kelembapan dan basah. 

Pikirkan fungsi

Pertimbangkan perlengkapan yang dapat disesuaikan untuk mengarahkan cahaya ke tempat yang Anda butuhkan. Untuk pencahayaan keseluruhan, dapatkan fleksibilitas dengan perlengkapan yang dipasang langsung ke langit-langit dan menawarkan fitur putih terang dan lampu malam.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/04/114300176/5-tips-pencahayaan-kamar-mandi-untuk-efek-seperti-spa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke