Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Sampai Salah, Ini 7 Panduan Memilih Wastafel Kamar Mandi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu fungsi dalam menghadirkan wastafel di kamar mandi adalah mereka memungkinkan untuk mencuci tangan, mencuci muka, dan menyikat gigi dalam satu area.

Selain itu, produk perawatan tubuh yang dibutuhkan pun sudah dalam jangkauan tangan sehingga kamu tidak perlu beranjak dari titik tempatmu berdiri.

Ditambah lagi, wastafel kamar mandi dapat membuat ruangan lebih tertata lantaran beberapa modelnya perlu dipasang di meja.

Kamu dapat memanfaatkan laci atau rak yang terpasang pada meja kamar mandi sebagai tempat penyimpanan.

Jika kamar mandimu memiliki ruang yang cukup untuk menghadirkan wastafel, jangan buru-buru membelinya.

Disadur dari The Spruce, Kamis (10/3/2022), ada panduan untuk memilih dan membeli wastafel kamar mandi, yaitu sebagai berikut.

1. Perhatikan gaya dan desain rumah

Wastafel datang dalam berbagai gaya dan desain. Perhatikan gaya yang kamu usung saat mendesain rumah, apakah mereka tradisional atau konvensional, agar wastafel cocok dengan tampilan rumah.

2. Tentukan desain wastafel

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wastafel memiliki beragam desain. Mulai dari wastafel mangkuk tradisional, pedestal antik, mangkuk kaca modern, atau mangkuk kayu.

Setelah memilih desain yang disukai, persempit berdasarkan anggaran yang tersedia.


3. Ingin wastafel meja? Tentukan posisinya

Untuk wastafel meja, tentukan posisinya untuk memudahkanmu memilih desain wastafel. Jika ingin tampilan yang rapi, pilih wastafel jenis flush-mount atau drop-in.

Mereka adalah wastafel yang duduk rata dengan meja, namun memiliki tepian selebar beberapa inci pada bagian atasnya sehingga wastafel terlihat seperti memiliki bingkai.

Ada juga wastafel jenis under-mount yang sama dengan flush-mount, namun tidak memiliki tepian. Mereka memudahkanmu untuk mengelap meja.

4. Pilih material wastafel

Umumnya, wastafel kamar mandi terbuat dari porselen putih. Namun, ada juga warna lain dengan harga yang mungkin lebih mahal. Material ini terkenal sangat taham lama.

Ada wastafel besi cor berenamel yang dapat diwarnani agar sesuai dengan dekorasi apa pun. Material ini sangat tahan lama dan anti-pecah. Ada pula wastafel berbahan kaca, batu, logam, dan kayu untuk dipilih.

Untuk wastafel berbahan stainless steel, mereka juga tahan lama, namun anti-noda dan tahan akan suhu panas.

Kamu dapat memilih wastafel yang sudah jadi, atau memilih materialnya sendiri untuk dicetak khusus berdasarkan gaya yang diinginkan agar sesuai dengan kamar mandi. 

Wastafel dengan meja kamar mandi berukuran panjang dan berbahan marmer memang terlihat cantik, dan dapat meningkatkan tampilan kamar mandi.

Akan tetapi, tentunya mereka tidak akat muat untuk kamar mandi berukuran kecil. Jadi, pastikan kamar mandimu memiliki ruang yang cukup untuk wastafel.

6. Ingin tempat penyimpanan ekstra?

Jika ingin memiliki ruang untuk menyimpan handuk, sampo, dan produk perawatan tubuh lainnya, pilih wastafel meja.

Namun, wastafel jenis pedestal pun tetap dapat digunakan. Ruang kosong pada area lantai dapat didekorasi sebagai tempat penyimpanan.

Ketahui ragam jenis wastafel kamar mandi

Selain wastafel jenis flush-mount, under-mount, dan pedestal, ada jenis lain untuk wastafel kamar mandi, seperti wastafel jenis wall-mounted yang dipasang di dinding.

Ada juga wastafel jenis vessel yang berupa mangkuk, dan diletakkan di atas permukaan meja. Untuk wastafel berbentuk unik, pilih farmhouse sink.

Sebab, wastafel jenis farmhouse sink memiliki bagian depan yang tidak tertutup oleh meja dapur seperti jenis flush-mount atau drop-in, dan under-mount. Mereka cocok untuk kamar mandi berukuran besar.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/10/092600976/jangan-sampai-salah-ini-7-panduan-memilih-wastafel-kamar-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke