Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membasmi Serangga Kecil di Dapur dengan Bahan Alami

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi area paling sibuk di dalam rumah, membuat dapur menjadi tempat yang paling disenangi berbagai serangga mulai dari semut, kecoak, hingga kelabang.

Terlebih, keadaan dapur yang berantak membuat para hama ini lebih senang tinggal dan berkembang biak di area tersebut.

Akan tetapi, jangan khawatir, melansir dari Livspace, Kamis (16/12/2021), ada  beberapa bahan rumah tangga sehari-hari ini bisa menjadi pengusir serangga yang efektif.

1. Garam

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa serangga kecil, terutama semut, lebih tertarik pada hal-hal yang manis?

Ternyata, sebagian besar serangga tidak menyukai bau dan rasa garam.

Jadi lain kali Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan serangga kecil di dapur, larutkan garam dalam air dan semprotkan ke permukaan dan sudut ruangan yang mungkin menarik serangga. 

2. Cuka

Tidak hanya menghilangkan noda membandel dan membantu menjaga dapur Anda tetap bersih, cuka juga memiliki fitur tinggi untuk menyingkirkan serangga kecil di dapur.

Jika Anda telah mencari cara organik untuk membunuh semut kecil di dapur, buat larutan cuka 50 persen dan semprotkan ke seluruh rumah.

Meskipun ini tidak menyebabkan kerusakan pada keluarga atau hewan peliharaan, bau cuka yang tajam akan menjauhkan semut dan hama kecil lainnya.


 

2. Kapur

Kapur adalah ide bagus untuk mengusir serangga dari dapur Anda. Jika Anda berjuang melawan serangan semut dan tidak yakin bagaimana cara membunuh semut kecil di dapur, bersihkan meja Anda setiap pagi, dan oleskan kapur pengusir serangga saat masih basah.

Gambarlah lingkaran di sekitar area yang sering didatangi semut, dan semut tidak akan melewatinya.

3. Cengkih dan kayu manis 

Jika Anda mencari metode buatan sendiri sederhana tentang cara menyingkirkan serangga kecil di dapur, kayu manis dan cengkeh adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, serangga kecil atau semut tidak tahan dengan bau yang menyengat, jadi Anda juga dapat menemukan solusi yang mengandung minyak kayu manis atau cengkeh esensial.

4. Peppermint

Sebagian besar serangga kecil, terutama semut, tidak tahan dengan bau yang menyengat.

Jika Anda menyukai warna hijau dan sedang mencari cara untuk menyingkirkan serangga kecil di dapur, pertimbangkan untuk menanam tanaman peppermint.

Letakkan daun peppermint kering di sekitar dapur untuk mencegah serangga masuk ke makanan Anda. Jika Anda tidak memiliki ruang untuk tanaman tetapi bertanya-tanya bagaimana cara membunuh semut kecil di dapur, minyak esensial juga bisa digunakan. 

 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/16/114000676/5-cara-membasmi-serangga-kecil-di-dapur-dengan-bahan-alami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke