Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tanaman Hias Warna-warni yang Bisa Bikin Rumah Makin Cantik

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda pasti sudah tahu beragam manfaat tanaman hias di rumah Anda, termasuk besarnya dampak menempatkan tanaman hias di dalam ruangan alias tanaman hias indoor.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (28/3/2021), tanaman hias membuat ruangan terasa lebih bergaya, rumah terasa lebih hidup, dan menambahkan sentuhan alam yang sangat dibutuhkan yang tidak dimiliki banyak dari kita.

Meskipun banyak dari kita memilih tanaman hias daun yang indah dengan ukuran daun besar dan banyak tanaman hijau, terkadang rumah hanya membutuhkan sedikit lebih banyak warna.

Jika Anda ingin menambahkan sedikit warna di rumah dengan tanaman hias, ada banyak tanaman hias berwarna-warni yang cantik yang dapat Anda pilih. Tanaman ini semuanya mampu bertahan hidup di dalam ruangan, dan daunnya dihiasi warna-warni. 

1. Tanaman polkadot merah muda (Hypoestes phyllostachya)

Tanaman ini menyukai cahaya tidak langsung yang terang dan suhu tidak lebih dingin dari 16 derajat Celcius. Tanaman ini menyukai tanah yang dikeringkan dengan baik.

2. Kiwi pride (Cordyline fruticose)

Cordyline lebih suka cahaya yang disaring tetapi akan mentolerir sedikit sinar matahari langsung. Jangan lupa menyiram tanaman ini secara teratur.

3. Tradescantia tricolor

Ini adalah tanaman langka dan mudah tumbuh yang lebih menyukai tanah mengering sepenuhnya di antara minuman dalam. Ia menyukai cahaya terang dan tersaring.

4. Hoya carnosa tricolor

Tanaman ini lebih menyukai titik terang sinar matahari dan hanya suka minum saat tanah hampir kering seluruhnya.

5. Fittonia

Tanaman ini lebih menyukai kelembaban tinggi dan menyukai cahaya terang tetapi tidak menyukai sinar matahari langsung, dan sebagian teduh. Ia menyukai tanah yang lembab tapi dikeringkan dengan baik.

6. Puring

Croton umumnya lebih menyukai posisi dengan sinar matahari penuh, tetapi beberapa dapat mentolerir sebagian teduh. Namun, banyaknya cahaya yang didapat tanaman akan mempengaruhi warnanya. Ia menyukai tanah yang lembab.

7. Coleus

Posisikan tanaman ini dalam cahaya terang tetapi jauh dari terik matahari tengah hari. Jaga agar tanah tetap lembab sepanjang tahun dan lebih menyukai suhu yang sedikit lebih hangat.

8. Persian shield

Tanaman ini dapat ditanam di dalam ruangan dalam pot dan lebih menyukai sinar matahari penuh daripada teduh parsial. Pastikan kelembaban dijaga pada tingkat yang konsisten.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/28/104400176/8-tanaman-hias-warna-warni-yang-bisa-bikin-rumah-makin-cantik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke