Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara dan Tempat Terbaik untuk Meletakkan Jam Dinding di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Jam dinding tidak hanya untuk memberi tahumu tentang waktu, tetapi juga menjadi tambahan yang bagus untuk dekorasi rumah.

Jika kamu memilih bagian yang tepat untuk meletakkan jam dinding di segala dinding ruangan di rumahmu, hal itu dapat mengubah ruang.

Jadi, kamu harus membeli jam dinding yang melengkapi tema dekorasi rumah dengan cara yang benar.

Jika kamu tidak dapat memutuskan apa yang akan digantung di dinding untuk dekorasi, maka pilihlah jam dinding yang elegan untuk merapikan dinding rumahmu.

Jadi, inilah cara dan tempat yang tepat dalam menempatkan jam dinding untuk tempat tinggalmu, dilansir beberapa sumber Jumat (5/3/2021).

Tips memilih jam dinding yang tepat untuk rumah

1. Jam dinding harus disimpan di tempat yang tepat. Jika itu untuk kamar anak, itu harus funky.

Untuk dinding dapur, temukan jam dinding dengan desain yang halus. Untuk dekorasi ruang tamu, kamu bisa membeli jam dinding dengan warna cerah untuk merombak ruangan.

2. Ukuran jam juga akan tergantung pada ukuran dinding. Jika dinding rumahmu besar dan kamu mencoba menjadikannya titik fokus ruanganmu, maka pilihlah jam dinding yang besar.

3. Warna memainkan peran utama dalam mencerahkan dekorasi rumahmu. Jadi, pilihlah jam dinding dengan warna dan corak. Hijau jeruk nipis atau warna bersahaja seperti merah cabai bisa jadi pilihan.

Penempatan jam yang tepat

1. Pemilihan tempat

Jam dinding adalah penolong yang berguna di setiap ruangan, jadi ketika memilih bagian mana dari rumahmu untuk meletakkan jam dinding, pertimbangkan kepraktisan terlebih dahulu dan potensi desain kedua.


Di mana kamu paling sering mengecek waktu? Kamar mana yang paling diuntungkan dari dekorasi fungsional dan menarik?

Jam di dapur akan membantumu mengawasi waktu saat memasak, tetapi mungkin ruang tamu atau ruang keluarga paling sering digunakan.

2. Menemukan tinggi yang tepat

Sebagai aturan praktis, ketinggian mata selalu menjadi titik awal yang baik saat memutuskan di mana kamu akan menggantung jam dindingmu.

Utilitas benar-benar kunci, sehingga kamu ingin jam dindingmu terlihat dengan nyaman sepanjang hari.

Di banyak tempat, jam juga akan bekerja dengan indah di atas permukaan mata. Sebuah jam yang ditempatkan di atas ambang pintu rumah dapat bertindak sebagai pengingat nostalgia jam kelas dari hari-hari sekolahmu dan akan tetap terlihat saat kamu bergerak di seluruh rumahmu.


Pastikan jam dindingmu digantung lebih tinggi dari penghalang tertinggi di ruangan itu, sehingga dapat terlihat dan tidak terhalang dari setiap sudut.

Beri jarak antara jam dan barang-barang tinggi, sehingga dapat terlihat di atas furnitur bahkan saat kamu sedang duduk.

Biasanya, kamu harus meletakkan jam dinding di dinding setinggi mata berdiri. Tetapi kamu dapat menempatkannya pada posisi yang sedikit lebih tinggi untuk memaksimalkan ruang. Tapi, jangan letakkan terlalu rendah atau terlalu tinggi.

3. Jarak ideal

Jam dinding adalah sebuah karya seni dan harus diperlakukan seperti itu. Kamu dapat menggunakan banyak prinsip seni gantung untuk menemukan penempatan yang tepat untuk jam dingdingmu.

4. Hindari kepadatan berlebih

Sisakan jarak 4 hingga 6 inci antara jam dinding dan furnitur, pencahayaan, atau karya seni lainnya di sekitarnya.

Kalau perlu, jangan memenuhi dinding pada tempat kamu meletakkan jam dinding. Ini kemudian akan membagi perhatian dan tamumu tidak akan dapat melihat jam dindingmu.

Tinggalkan dinding itu sendiri dengan hanya jam dinding untuk membuatnya menjadi bagian yang mencolok di dalam ruangan.

5. Pertimbangkan skala

Perhatikan dimensi setiap jam. Beberapa jam kami mungkin lebih besar dari yang terlihat di gambar, jadi pastikan ukuran jam dindingmu tidak melebihi furnitur atau karya seni di sekitar.

6. Cobalah pengaturan dinding galeri

Jam dinding menarik perhatian saat ditempatkan sendiri, tetapi juga menambah gerakan dan tekstur pada dinding galeri.

Perlakukan jam dindingmu sama seperti Anda memperlakukan karya seni lainnya dan coba letakkan di luar pusat untuk menambah daya tarik visual pada pengaturannya.


Kiat profesional: Lacak jam yang kamu inginkan di selembar kertas dan potong ukuran yang sama dengan dimensi untuk pemilihan penempatan dan membantu menemukan tempat yang sempurna.

Ini akan memungkinkanmu untuk mundur dan memvisualisasikan skala sebelum berkomitmen pada suatu tempat.

Saat kamu siap untuk menggantung jam dindingmu, kamu dapat membuat lubang paku langsung melalui kertas untuk memastikan jam dindingmu digantung di posisi yang tepat yang kamu pilih.

7. Jangan gantung di dinding seberang tempat tidur

Menurut Feng Shui, jangan gantung jam dinding tepat di seberang dinding tempat tidurmu di kamar tidur.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/05/125100476/cara-dan-tempat-terbaik-untuk-meletakkan-jam-dinding-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke