Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Kecam Bolivia karena Nyatakan Solidaritas dengan China Saat Gempa

Kompas.com - 06/04/2024, 17:42 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

TAIPEI, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu pada Sabtu (6/4/2024) mengecam Bolivia karena menyatakan solidaritasnya dengan China saat gempa bumi melanda.

Gempa Taiwan pada Rabu (3/4/2024) bermagnitudo 7,2 menewaskan setidaknya sepuluh orang dan lebih dari 1.100 korban luka-luka.

Aturan bangunan yang ketat dan kesiapan menghadapi bencana dapat meminimalisir jumlah korban.

Baca juga: Batu Besar Longsor dan Hantam Mobil Saat Gempa Taiwan

Pada Jumat (5/4/2024), Kementerian Luar Negeri Bolivia mengatakan bahwa negara tersebut menyatakan solidaritas dengan Republik Rakyat China (RRC), dalam hilangnya nyawa dan kerusakan material akibat gempa besar yang terjadi beberapa jam terakhir di lepas pantai Taiwan.

“Anda tidak boleh menjadi boneka menyedihkan RRC yang ekspansionis dan jahat, yang langsung melompat ketika Beijing bilang lompat,” demikian unggahan Menlu Joseph Wu di media sosial X, Sabtu ini.

“Sama seperti Taiwan, Bolivia BUKAN bagian dari China yang komunis. Tidak lebih, tidak kurang,” tambahnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga:

Secara terpisah, Kementerian Luar Negeri Taiwan juga mengecam Bolivia dengan mengatakan, pernyataan tersebut “mengikuti pemerintah otoriter China yang menyebarkan pernyataan palsu secara internasional yang meremehkan kedaulatan negara kami.”

Beijing mengeklaim Taiwan yang demokratis sebagai wilayahnya dan terus berniat menjadikan pulau dengan pemerintahan sendiri itu di bawah kendalinya.

Adapun Taiwan hanya memiliki 12 sekutu diplomatik dan menuduh Beijing menggunakan ancaman atau janji bantuan ekonomi untuk mencegah negara lain mengakui kedaulatan mereka.

Baca juga: Kisah Heroik Maya, WNI di Taiwan yang Selamatkan Majikannya saat Gempa Dahsyat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com