Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

99 Rudal dan Drone Rusia Serang Infrastruktur Energi Ukraina

Kompas.com - 30/03/2024, 11:30 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Rusia menembakkan puluhan drone dan rudal ke infrastruktur energi Ukraina semalam, melukai sedikitnya enam orang dan memutus aliran listrik di beberapa wilayah, kata ofisial pada Jumat (29/3/2024).

Pasukan Moskwa meningkatkan serangan udara terhadap Ukraina dalam beberapa pekan terakhir, menargetkan fasilitas listrik sebagai respons meningkatnya serangan mematikan Ukraina di wilayah perbatasan Rusia.

Sebanyak sepuluh wilayah di Ukraina diserang, merusak infrastruktur penting, dan melukai sedikitnya enam orang, kata Kementerian Dalam Negeri Ukraina.

Baca juga: Ukraina Jatuhkan 26 Drone Rusia dalam Semalam

"Tadi malam Rusia melanjutkan serangan terhadap sistem energi Ukraina. Pemadaman listrik darurat telah diberlakukan di beberapa wilayah," ujar Perdana Menteri Denys Shmygal, dikutip dari kantor berita AFP.

“Ukraina membutuhkan lebih banyak sistem pertahanan udara untuk mengamankan infrastruktur penting dan melindungi penduduknya. Ini topik utama diskusi dengan para mitra internasional kami,” lanjutnya.

Angkatan Udara Ukraina mengatakan, Rusia menargetkan sektor bahan bakar dan energi dengan total 99 rudal dan drone dalam semalam, 84 di antaranya ditembak jatuh.

Baca juga:

Salah satu penyedia energi utama di Ukraina, DTEK, mengatakan bahwa tiga pembangkit listrik tenaga panasnya diserang sehingga rusak parah.

Kementerian Energi Ukraina menyebutkan, serangan itu merusak infrastruktur listrik di empat wilayah di Ukraina tengah dan barat, menyebabkan pemadaman listrik dan mengganggu lalu lintas kereta api.

Baca juga: Rusia Klaim Punya Bukti Pelaku Penembakan Konser Moskwa Terkait dengan Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com