Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Menegangkan Gajah Angkat Truk yang Dipenuhi Turis di Afrika Selatan

Kompas.com - 24/03/2024, 11:04 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber ABC News

PRETORIA, KOMPAS.com - Sebuah video menegangkan datang dari Afrika Selatan yang menunjukkan seekor gajah mengangkat truk safari beberapa kali.

Insiden itu terjadi di Taman Nasional Pilanesberg pada Senin (18/3/2024) lalu.

Para turis yang ketakutan terlihat merunduk di antara kursi-kursi saat gajak menyerang dalam truk berkapasitas 22 orang itu.

Baca juga: Thailand Waspadai Celana Gajah dari China

Dalam video, sang sopir terdengar berteriak agar gajah tersebut pergi dan beberapa kali memukul sisi truk untuk menakut-nakuti hewan besar tersebut.

Gajah itu kemudian meninggalkan kendaraan dan pindah ke samping.

Video ini direkam oleh Hendry Blom, yang saat itu berada di dalam taman nasional.

"Kami sangat ketakutan, terutama orang-orang yang ada di dalam truk karena kami pikir mereka akan mati," katanya kepada ABC News.

Manajer operasi lapangan Mankwe Game Trackers, Poncho Mogodiri, mengatakan pemandu dan para turis sedang berada di tempat persembunyian hewan ketika gajah jantan mendekati mereka.

Mankwe Game Trackers adalah perusahaan tur yang terlibat dalam insiden tersebut.

Petugas tersebut menambahkan bahwa truk tersebut terlalu dekat dengan gajah ketika para turis ingin mengambil foto atau video, sehingga hewan tersebut menjadi agresif.

"Datang ke tempat persembunyian memberi Anda kesempatan langka untuk melihat satwa liar dan burung secara diam-diam dari jarak dekat," kata pihak taman nasional dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Bijuli Prasad, Gajah Tertua di India, Mati pada Usia 89 Tahun

Tindakan pemandu tersebut, yang menyalakan mesin, membanting pintu mobil, dan berteriak untuk mengusir gajah, telah mendapat pujian luas dari para ahli satwa liar. 

"Siapa pun yang pernah bekerja dengan gajah akan memberi tahu Anda ketika seekor gajah jantan seperti itu menyerang, Anda tidak boleh berbalik dan lari, Anda harus membuat suara sebanyak mungkin dan tetap tegak," ujar Ron Magill, Direktur Komunikasi di Zoo Miami, kepada media.

Tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut, kata pihak berwenang taman, dan menambahkan bahwa satu keluarga ditawari konseling setelah merasa "sangat terguncang".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com