Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dramatis, Video Penyelamatan Anak Gajah dan Induknya yang Masuk Lubang

Kompas.com - 16/07/2022, 14:02 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

NAKHON NAYOK, KOMPAS.com - Video tentang penyelamatan anak gajah dan induknya yang masuk lubang di Thailand viral di media sosial.

Peristiwa ini terjadi di provinsi Nakhon Nayok, Thailand tengah, Rabu (13/7/2022) pagi.

Anak gajah awalnya jatuh ke lubang drainase di pinggiran lapangan golf Royal Hills.

Baca juga: Gajah di Kuil Thailand Katarak, Dokter Hewan Bergegas Membantu

Induknya yang stres--diyakini berasal dari kawanan gajah yang bepergian melalui hutan di dekat situ--menunggu anaknya karena tidak bisa memanjat keluar lubang.

Kedua gajah itu ditemukan oleh penduduk yang lewat. Ia langsung memberitahu petugas satwa liar dan otoritas Taman Nasional Khao Yai tentang nasib mamalia tersebut.

Baca juga:

Tim penyelamat awalnya tidak bisa membantu bayi gajah karena ada induknya yang khawatir, sehingga terpaksa membius ibu gajah.

Namun, induk gajah justru ikut jatuh sebagian ke dalam lubang. Ia kemudian ditarik keluar dengan bantuan alat penggali dan disadarkan kembali, menurut keterangan Departemen Taman Nasional, Konservasi Margasatwa, dan Tumbuhan dikutip dari kantor berita AFP.

Anak gajah itu akhirnya diselamatkan dari lubang dan dipersatukan kembali dengan induknya. Otoritas taman memastikan kedua hewan itu telah kembali dengan selamat ke hutan.

Baca juga: Sejarah Gajah Perang: Tank Terbaik pada Zamannya dan Karakter Bertarungnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com