Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Tertinggi Iran Puji Petugas Medis yang Bantu Ibu Lahirkan Bayi Saat Terjebak Salju

Kompas.com - 18/03/2024, 09:03 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

JAJAN, KOMPAS.com - Masoumeh Mehravar, bidan di pusat panggilan darurat, membantu ibu yang terjebak salju untuk melahirkan bayinya pada akhir Februari 2024.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei kemudian memuji bidan di Iran utara itu.

Dalam panggilan telepon, Mohammad Golpaygani selaku kepala kantor Khamenei menyampaikan pesan penghargaan kepada Mehravar.

Baca juga: Kheibar Shekan, Rudal Tercanggih Iran yang Diklaim Bisa Menjangkau Israel

Mehravar, bidan di pusat panggilan darurat 115, membantu ibu yang terjebak salju di Desa Jajan, Provinsi Mazandaran, untuk melahirkan dengan selamat.

Pada 28 Februari 2024, Mehravar memberikan instruksi medis penting kepada suami ibu tersebut agar dapat membantu istrinya dan menyelamatkan nyawanya serta bayinya.

Sebab, hujan salju lebat menghalangi ambulans untuk mencapai mereka.

Dikutip dari siaran pers Kedutaan Besar Iran di Jakarta, suara Mehravar saat membimbing pria tersebut viral di media sosial.

Ketika sang suami berhasil mengeluarkan bayinya sesuai arahan, petugas operator lega dan merayakan momen tersebut bersama rekan-rekannya.

Baca juga:

Menurut kepala Layanan Medis Darurat (EMS) Babol, nyawa bayi dan ibunya sempat dalam bahaya karena bayi tidak menangis saat lahir.

Ibu dan bayinya kemudian dipindahkan ke rumah sakit setelah paramedis berhasil menghubungi mereka dengan susah payah, dengan bantuan kendaraan dari Organisasi Pemeliharaan dan Transportasi Jalan dan Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran.

Adapun Desa Jajan terletak di jantung hutan Hyrcanian di Distrik Babol Kenar, Kabupaten Babol, Iran.

Baca juga: Mengapa Foto Hari Ibu Putri Wales (Kate Middleton) Jadi Masalah?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com